Presiden Jokowi Pastikan Tol Jambi Selesai 2024

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 17/Mei/2023 15:54 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan jalan tol pertama di Provinsi Jambi bakal kelar tahun 2024. Jalan tol yang dimaksud adalah ruas Betung-Jambi sepanjang 190 kilometer.

Jokowi menyatakan saat ini pembangunan jalan tol yang akan menghubungkan Jambi ke Palembang hingga Lampung sedang dikebut penyelesaiannya.

Baca Juga:
Pembangunan Jalan Tol Pertama di Jambi Sudah 54,2%, Target Rampung Juni 2024

"Segera diselesaikan, insyaallah 2024 selesai," tegas Jokowi usai meninjau jalan Kota Jambi-Sungai Gelam, yang disiarkan virtual, Selasa (16/5/2023).

Dia tak menjelaskan rinci seperti apa progres pembangunan jalan tol tersebut. Namun yang jelas dia menjamin sejauh ini tak ada hambatan yang terjadi dan jalan tol akan selesai dibangun tahun depan sesuai jadwal.

Baca Juga:
Selama Jokowi Memimpin Telah Bangun 2.040 Km Jalan Tol, Ini Manfaatnya!

"Saya tak dengar ada hambatan, artinya sesuai jadwal. Tahun depan," ungkap Jokowi.

Ruas jalan tol dari Betung hingga Jambi ini (Tol Betung - Tempino - Jambi) akan menjadi penghubung dari Jambi ke jalur backbone Sumatera Selatan, yakni tol yang menghubungkan Pelabuhan Bakauheni hingga Palembang.

Baca Juga:
Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino Segara Dibangun, Optimis Dikerjakan 12 Bulan

Sementara itu menurut catatan detikcom pada 25 Agustus lalu, Direktur Pelaksanaan Pembiayaan Infrastruktur Jalan dan Jembatan Kementerian PUPR Reni Ahiantini menjelaskan soal skema pembiayaan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera Tahap II, yang mana Betung-Jambi termasuk di dalamnya. Pada ruas Betung sampai Jambi, biaya investasi yang dibutuhkan sebesar Rp 22,45 triliun.(fhm)