Pelindo Multi Terminal Beri Kemudahan Pembayaran Jasa Layanan dengan Program Host To Host Auto Collection dan SCF

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 20/Mei/2023 17:35 WIB
Sosialisasi program baru Pelindo Multi Terminal Sosialisasi program baru Pelindo Multi Terminal


MEDAN (BeritaTrans.com) - PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) sebagai sub holding PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) sosialisasikan program Host to Host Auto Collection dan Supply Chain Financing (SCF) di SPMT Branch Jamrud Nilam Mirah pada 17 Mei 2023 dan Tanjung Intan pada 19 Mei 2023. 

Pengguna jasa sambut antusias fasilitas Host to Host Auto Collection dan SCF sebagai solusi bagi pengguna jasa SPMT dalam melakukan pembayaran Nota Penjualan Jasa Kepelabuhanan yang lebih praktis, lebih mudah dan lebih cepat. 

Baca Juga:
Pelindo Multi Terminal Berangkatkan 400 Pemudik dari Medan

SVP Sekretariat Perusahaan Pelindo Multi Terminal Fiona Sari Utami menjelaskan, program Host to Host Autocollection dan SCF ini diterapkan seiring dengan komitmen SPMT untuk meningkatkan inovasi terhadap pelayanan kepada pengguna jasa  dan mempermudah pengguna jasa dalam bertransaksi. 

“Metode pelunasan nota jasa kepelabuhanan melalui host to host autocollection ini secara mekanisme pembayaran jasa kepelabuhanan dengan pendebetan rekening pengguna jasa yang teregistrasi pihak perbankan dan melalui proses approval oleh pengguna jasa,” terang Fiona, Sabtu (20/5/2023).

Baca Juga:
Pelindo Sebut Pelabuhan Lembar Catat Kinerja Positif di 2024

Diuraikannya, pengguna jasa cukup mendaftarkan rekening bank-nya yang akan digunakan untuk pembayaran jasa kepelabuhanan di SPMT dengan dokumen yang harus dilengkapi adalah surat kuasa dan pernyataan untuk SPMT.

Baca Juga:
SPMT Branch Tanjung Emas Siap Sambut Arus Mudik Lebaran 2024

"Selanjutnya diregistrasi oleh Bank agar dapat melakukan pendebetan secara otomatis atas pembayaran jasa kepelabuhan yang telah dilaksanakan oleh SPMT," urainya.

Hadir pada kesempatan tersebut Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT Pelindo Multi Terminal Yoni Setiawan beserta jajaran yaitu SVP Pengelolaan Keuangan dan Perpajakan, SVP Komersial dan Hubungan Pelanggan, VP Infrastruktur dan Solusi TI.

Branch Manager Jamrud Nilam Mirah, Branch Manager Tanjung Intan serta pihak Bank yang telah bekerjasama dengan PT Pelindo Multi Terminal dalam program fasilitas Host To Host Auto Collection yaitu Bank Mandiri, Bank BNI, dan Bank BRI.

Menurut Fiona, setidaknya sebanyak enam pengguna jasa yang telah menandatangani dan bersedia untuk mengikuti program Host to Host Autocollection pada saat acara sosialisasi berlangsung.

Antara lain, PT Berlian Haluan Samudera, Daisy Permata Samudera, Daniel Samudera Abadi, PT Berlian Jaya – Maritim, PT Cahaya Mitra Maritim, dan PT Guji Stevedoring.

“Pelaksanaan mekanisme pembayaran secara Host to Host Autocollection akan diberlakukan secara penuh pada PT Pelindo Multi Terminal Cabang Jamrud Nilam Mirah dan Tanjung Intan pada 1 Juni 2023,” tutur Fiona.

Selain program Host To Host Auto Collection, kata dia, disosialisasikannya program SCF, yang merupakan program pembiayaan oleh bank untuk memberikan fasilitas kepada pengguna jasa SPMT dalam pembayaran nota jasa kepelabuhanan demi mendukung kelancaran program host to host auto collection melalui mekanisme pembiayaan perbankan. (omy)