Gegara Melebar ke Arah Berlawanan, Sepeda Motor Tabrak Bus Pariwisata

  • Oleh : Bondan

Selasa, 23/Mei/2023 13:18 WIB
Ilustrasi tabrakan sepeda motor dan bus. Foto: istimewa. Ilustrasi tabrakan sepeda motor dan bus. Foto: istimewa.

BANTUL (BeritaTrans.com) -- Seorang pengendara sepeda motor bernama Wardoyo, 29, meninggal dunia setelah bertabrakan dengan bus pariwisata di Jalan Parangtritis, tepatnya di depan Gereja Kristen Jawa (GKJ), Dusun Duwuran, Kalurahan Parangtritis, Kapanewon Kretek, Kabupaten Bantul.

Kanit Penegakkan Hukum Satlantas Polres Bantul, Ipda Ni Ketut Reni Juliani mengatakan peristiwa kecelakaan lalu lintas tersebut terjadi pada Sabtu (20/5/2023) petang, sekitar pukul 17.30 WIB. Saat itu Bus Mercedes Benz bernomor polisi H-7128-OA melaju dengan kecepatan sedang dari arah selatan menuju ke utara atau dari arah Pantai Parangtritis menuju Jogja.

Baca Juga:
Kecelakaan Beruntun di Tol Cikampek KM 58, 9 Orang Tewas

Sampai di lokasi kejadian dari arah berlawanan melintas sepeda motor Honda Vario AD-6925-TT yang dikemudian oleh Wardoyo, warga Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah. Motor tersebut melaju dengan kecepatan tinggi dan melambung terlalu ke kanan. Saat jarak semakin dekat, sepeda motor tetap melebar di kanan atau di arah berlawanan.

“Pengemudi bus pariwisata berusaha menghindar dengan cara banting setir ke arah kanan namun masih menabrak sehingga terjadi kecelakaan lalu lintas,” katanya, saat dihubungi Senin (22/5/2023).

Baca Juga:
Longsor di Jalan Tol Bocimi Sebabkan 2 Orang Luka

Akibat kejadian tersebut, pengendara sepeda motor mengalami luka cidera kepala berat, kaki kanan bagian lutut patah, pergelangan kedua tangan patah, muka lecet-lecet, pelipis kanan sobek, bibir atas sobek. “Pengendara sepeda motor meninggal dunia di TKP [lokasi kejadian],” ujarnya.

Jenazah kemudian dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panembahan Senopati Bantul sebelum akhirnya diserahkan kepada pihak keluarga. Kerasnya benturan menyebabkan sepeda motor ringsek bagian depan, rangka depan bengkok ke belakang, jok terlepas, sok depan bengkok, stang bengkok, dan totok depan pecah. Sementara bus mengalami lampu depan kiri pecah, dan lampu depan kiri pecah.

Baca Juga:
Kecelakaan Beruntun di Gerbang Tol Halim, Ini Kronologi Penyebabnya!

Kedua kendaraan yang terlibat kecelakaan tersebut disita oleh Polres Bantul untuk penyelidikan lebih lanjut. Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana mengimbau kepada semua pengendara kendaraan agar bijak dalam berkendara di jalan dengan menjaga kecepatan dan fokus konsentrasi saat berkendara. 

“Selain itu pengendara kendaraan juga diminta untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas demi keselamatan bersama,” katanya. (Dan)