KPLP Siapkan Keterampilan Menembak bagi Awak Kapal Negara Patroli

  • Oleh : Naomy

Selasa, 23/Mei/2023 19:00 WIB
Direktur KPLP sahkan pelatihan menembak awak kapal patroli Direktur KPLP sahkan pelatihan menembak awak kapal patroli

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai tingkatkan keterampilan menembak pada awak kapal negara patroli KPLP Tahun Anggaran 2023.

Baca Juga:
Kemenhub Bersama U.S. Embassy Gelar Maritim Security Exercise & Workshop Port Visit

Direktur KPLP Rivolindo membuka Bimtek, yang berlangsung selama tiga hari dengan 40 peserta.

Terdiri dari perwakilan dari berbagai Unit Pelaksana Teknis Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Selasa (23/5/2023).

Baca Juga:
Tim KPLP Amankan Kapal SV. Avatar Courage dari Perampokan di Perairan Batu Ampar Batam

“Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 111 Tahun 2017 tentang Tata Kelola Senjata Api Dinas di Lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut sebagai salah satu manfaat untuk meningkatkan keterampilan Awak Kapal Negara Patroli KPLP perlu dilaksanakan Bimtek  guna meningkatkan dan memperluas wawasan Awak Kapal Negara Patroli KPLP, untuk menjalankan tugas di lapangan dalam melakukan pengawasan keamanan dan keselamatan dunia pelayaran," urainya.

Peningkatan  keterampilan menembak sangat diperlukan oleh Awak Kapal Negara Patroli KPLP, karena memerlukan proses energi seseorang, untuk menentukan tindakan dengan tingkat emosional yang stabil.

Baca Juga:
Direktur KPLP Lepas KN Trisula P.111 untuk Ikuti Marpolex Exercise di Filipina

Pelatihan keterampilan menembak yang disampaikan oleh para instruktur melalui prosedur-prosedur tertentu.

"Diharapkan kepada para Awak Kapal Negara Patroli KPLP, untuk dapat mengikuti dengan sebaik-baiknya guna menambah wawasan tentang aturan-aturan untuk dipedomani, serta menjadi suatu pembaruan untuk pengendalian diri, tidak emosional, dan selalu waspada dalam bertindak, disamping itu pula dapat memperbaharui tentang tatacara merawat dan menyimpan Senjata Api Dinas," ujarnya

Dengan latihan menembak, kita dapat melatih kedisiplinan, ketenangan, kesabaran  dan vokus, untuk  menentukan  suatu keputusan yang tepat.

Rivolindo mengingatkan agar pergunakan kesempatan mengikuti pembelajaran dengan sebaik-baiknya, sehingga tidak ketinggalan ilmu pengetahuan tentang tata cara tehnik membidik dan menembak, serta merawat dan menyimpan senjata api dinas dengan benar.

“Besar harapan saya, dengan adanya kegiatan Keterampilan Menembak ini, Awak Kapal Negara Patroli KPLP menjadi lebih percaya diri dalam melaksanakan tugas dilapangan, yaitu melakukan pengawasan keamanan dan keselamatan pada alur Pelayaran," tutup Rivolindo. (omy)