Di Forum Kehumasan, Kepala OP Priok: Pentingnya Keterampilan Public Speaking Bagi ASN

  • Oleh : Ahmad

Selasa, 23/Mei/2023 19:26 WIB
Foto:istimewa/dok/beritaTrans/ahmad Foto:istimewa/dok/beritaTrans/ahmad

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kantor Otoritas Pelabuhan Utama (OP) Tanjung Priok menggelar acara Forum Kehumasan Pelabuhan Tanjung Priok. 

Baca Juga:
KSOP Gresik Usung Tema Transportasi Maju Menuju Zero Accident dalam Sosialisasi Kespel

Acara tersebut kali ini mengambil tema “Pentingnya Penguasaan Public Speaking Dalam Optimalisasi Kinerja Kehumasan di Era Digitalisasi”. Diselenggarakan dalam rangka menjalin komunikasi, sinergitas dan koordinasi dengan seluruh unsur pemerintah maupun stakeholders Pelabuhan Tanjung Priok dalam upaya mewujudkan Pelabuhan Tanjung Priok yang bertaraf internasional dan berdaya saing. 

Acara Forum Kehumasan yang digelar pada Selasa, (23/5) bertempat di Jakarta, menghadirkan dua Narasumber yaitu, M Ikrar, Praktisi Kehumasan, dan Budi Rahardjo, Kepala Bagian Pemberitaan dan Media Massa BKIP Kemenhub. 

Baca Juga:
Pelindo Regional 2 Tanjung Priok Gelar Sharing Session Kehumasan

Adapun peserta dalam acara tersebut terdiri dari Biro Komunikasi dan Informasi Publik, Unit Kehumasan dari Kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) wilayah kerja Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Intansi Pemerintah, Stakeholders, dan Asosiasi di lingkungan Pelabuhan Tanjung Priok.

Baca Juga:
Keren! Podcast `OPSI` OP Priok Sapa Indonesia sudah On Air

Acara Forum Kehumasan dibuka oleh Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok (Ka OP), Subagiyo. Dia menyampaikan tujuan dan beberapa hal pada acara Forum Kehumasan Pelabuhan Tanjung Priok 

“Komunikasi merupakan hal yang sangat esensial dalam kehidupan manusia, karena tanpa komunikasi seorang manusia mustahil untuk bisa menjalani kehidupannya sebagai makhluk sosial. Public speaking merupakan seseorang yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang serta menyampaikan informasi yang menarik di depan orang banyak seperti pemateri dalam seminar. Sukses atau tidaknya public speaking disebabkan oleh bagaimana dia dapat mengkomunikasikan seluruh informasi yang disampaikannya. Melalui komunikasi atau bicara anda dapat menyampaikan gagasan, mengubah pemikiran, menyentuh perasaan, memberikan solusi kepada mereka yang membutuhkan bahkan berkesempatan mengubah keadaan menjadi lebih baik,” papar Kepala OP Priok. 

“Keterampilan public speaking sangat dibutuhkan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang nantinya akan berhadapan ke pengguna jasa di Unit Pelaksana Tugas (UPT) masing-masing. Karena, jika hanya sikap percaya diri lebih yang dimiliki tidak disertai dengan kemampuan untuk mengkomunikasikan skill yang dimiliki dengan baik akan menimbulkan dampak yang besar bahkan akan malah menimbulkan konflik," ujar Subagiyo. 

Melalui kegiatan Forum Kehumasan ini, diharapkan dampaknya dapat dirasakan langsung bagi peserta yang mengikuti kegiatan ini. Komunikasi sangatlah penting untuk diasah baik dikehidupan sehari-hari maupun di kehidupan kerja di kantor masing-masing dalam menjalankan peran sebagai ASN, kemampuan public speaking sangatlah dibutuhkan agar tujuan dari peran tersebut tersampaikan dengan tepat. Untuk itu diharapkan dengan kegiatan ini dapat berdampak yang besar bagi peserta.

Dalam laporan penyelenggaraan, Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU) Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok (Ka OP), Rita EM Simanjutak menyampaikan maksud dan tujuan dari Forum Kehumasan Pelabuhan Tanjung Priok saat ini.

“Forum Kehumasan Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok Tahun 2023 diselenggarakan dalam rangka memberikan ilmu dan pengetahuan bagi unit kehumasan instansi pemerintah dan stakeholder Pelabuhan Tanjung Priok agar dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi baik secara verbal maupun non verbal dalam situasi formal, informal maupun dalam kehidupan sehari-hari. Serta sebagai sarana komunikasi, sinergitas dan pertukaran informasi antar unit kehumasan dan instansi pemerintah dan stakeholder di Pelabuhan Tanjung Priok," terang Rita.

Pihaknya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya serta menyampaikan ucapan terima kasih kepada para narasumber yang telah memberikan wawasannya mengenai pentingnya public speaking.

"Tak lupa kami sangat mengapresiasi kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi sehingga acara dapat berjalan dengan lancar," tutup Kabag TU.(ahmad)