Terminal 2 Bandara Hang Nadim Kembangkan Teknologi Modern dan Kearifan Lokal, Ini Rancangannya!

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 26/Mei/2023 11:31 WIB
Rencana pengembangan Bandara Hang Nadim Batam yang direncanakan Incheon International Airport Corp. (IIAC). (foto: Korea Herald) Rencana pengembangan Bandara Hang Nadim Batam yang direncanakan Incheon International Airport Corp. (IIAC). (foto: Korea Herald)

BATAM (BeritaTrans.com) - PT BIB Bandara Hang Nadim Batam siap merealisasikan terminal dua untuk mendorong pelayanan serta fasilitas untuk penerbangan Internasional dan domestik yang dilengkapi berbagai teknologi modern dan menghadirkan kearifan lokal.

“Untuk terminal dua tentu sudah green airport dan sudah berbasis teknologi termasuk pengembangan dan seamless airport jadi diharapkan proses check in dan bagasi penumpang akan lebih mudah dan praktis tentu dengan sistem teknologi,” ujar Dirut PT BIB, Pikri Ilham Kurniansyah, Rabu (24/5/2023).

Baca Juga:
Tantangan Besar Dunia Penerbangan: Drone, Kota Bandara hingga Revolusi Low Cost Carrier

Kemudian banyak fasilitas pendukung aktifitas baik untuk keperluan bisnis, meeting, confence dan pertemuan bahkan pameran sebab ada hall atau ruangan.

“Jadi bisa dibilang multi fungsi, untuk keperluan tersebut dengan hall yang akan tersedia,” jelasnya.

Lalu terminal dua Bandara Hang Nadim dirancang untuk penghubung (hub) airport, transit penerbangan Internasional dan Internasional – domestik.

“Jadi tidak hanya untuk domestik tetapi juga sebagai hub penerbangan Internasional,” ujarnya.

Saat ini PT BIB merencanakan pada Juli 2023 untuk bisa ground breaking. Untuk pengerjaan sendiri sudah terpilih melibatkan dari Incheon Korea Selatan untuk desain dan pengawasan lalu dari PT Wika.

“Jelas ini adalah modern futuristik airport tentu juga mengadopsi kearifan lokal tetapi lebih ke modern,” ujarnya.

Dalam pengerjaannya proyek terminal dua tersebut diperkirakan rampung di Desember 2024 atau memakan waktu pembangunan selama 17 bulan.

“Terminal dua diharapkan mempermudah Hang Nadim membuka 11 penerbangan internasional,” ujarnya.

BIB juga tetap membenahi terminal satu yang dipakai untuk pelayanan penerbangan domestik dan internasional.(fhm/sumber:batampos)