Begini Kondisi 18 Penumpang Mobil Pikap Terguling di Banyuwangi

  • Oleh : Bondan

Minggu, 28/Mei/2023 22:12 WIB
Korban penumpang mobil pikap terguling di Banyuwangi. Foto: istimewa. Korban penumpang mobil pikap terguling di Banyuwangi. Foto: istimewa.

BANYUWANGI (BeritaTrans.com) -- Kecelakaan dialami sebuah mobil pickup yang mengangkut belasan buruh perkebunan di Banyuwangi. Peristiwa ini terjadi pada jalan arah ke Kawah Ijen, tepatnya di sekitar rest area Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Banyuwangi, Sabtu pagi (27/5/2023).

Kanit Gakkum Polresta Banyuwangi Iptu Dwi Wijayanto membenarkan adanya kecelakaan mobil pikap yang mengangkut 18 orang buruh pada Sabtu (27/5/2023). Kecelakaan berawal ketika pikap dengan Nopol DK 8604 CP melaju dari arah barat ke timur atau dari kawasan perkebunan hendak pulang menuju ke Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi.

Baca Juga:
Kecelakaan Beruntun di Tol Cikampek KM 58, 9 Orang Tewas

Setibanya di lokasi kejadian, mobil yang dikemudikan oleh Jumana itu tiba-tiba oleng ketika melintasi jalanan yang menurun.

“Sesampainya di TKP di jalan menurun, tiba-tiba pikap mengalami rem blong, sehingga pengemudi tidak bisa mengendalikan kendaraannya,” kata Dwi, pada Minggu (28/5/2023).

Baca Juga:
Longsor di Jalan Tol Bocimi Sebabkan 2 Orang Luka

Mobil kemudian menabrak pohon hingga terguling. Para penumpang yang berada di bak terbuka itu pun terlempar ke luar dan menghantam aspal. Catatan Satlantas, 18 penumpang mayoritas mengalami luka gegar otak ringan dan seorang sopir mengalami luka lecet.

“Penumpang mengalami gegar otak ringan dilakukan perawatan di RSUD Blambangan,” kata dia.

Baca Juga:
Kecelakaan Beruntun di Gerbang Tol Halim, Ini Kronologi Penyebabnya!

Pihaknya menduga pengemudi kurang memahami kontur jalanan menurun serta kurang berhati-hati ketika mengemudi. Terlebih dugaannya rem pada kendaraan yang syarat muatan orang itu tak berfungsi.

“Kami telah melakukan olah tempat kejadian perkara dan memeriksa keterangan saksi-saksi. Barang bukti juga telah kami amankan,” ucapnya.

Akibat kecelakaan itu pihaknya mencatat ada kerugian material sebesar Rp 20 juta, dari kendaraan yang ringsek. Sedangkan pada penumpang yang sebelumnya dirawat di rumah sakit dan fasilitas kesehatan, telah diperbolehkan untuk pulang.
Kini kasus kecelakaan ini ditangani unit Gakkum Satlantas Polresta Banyuwangi. (Dan)