Libur Panjang Idul Adha, Astra Infra Tol Prediksi Arus Kendaraan Meningkat 64 Persen

  • Oleh : Bondan

Kamis, 29/Jun/2023 09:25 WIB
Gerbang Tol Palimanan. (Ist) Gerbang Tol Palimanan. (Ist)

PALIMANAN (BeritaTrans.com) -- Diprediksi puncak arus mudik Libur Idul Adha terjadi pada Rabu (28/6/2023). Diprediksi terjadi peningkatan arus kendaraan tertinggi yakni naik 64% dengan 80.815 kendaraan melintasi Tol Cipali.

Sedangkan arus balik tertinggi akan jatuh pada Minggu, 2 Juli 2023, naik sebesar 33% yaitu 83.673 kendaraan melintas. Secara keseluruhan, diprediksi ada peningkatan arus kendaraan hingga 39% selama libur panjang cuti bersama Hari Raya Idul Adha tahun 2023.

Baca Juga:
Terendam Banjir, GT Kertajati Tol Cipali Tidak Bisa Dilalui

Kepala Divisi Operasi ASTRA Infra Toll Road Cikopo-Palimanan (ASTRA Tol Cipali) Sri Mulyo mengatakan, pihaknya akan menyambut masyarakat melalui peningkatan kualitas ruas jalan tol, armada dan petugas layanan lalu lintas yang sigap, dan rest area yang bersih agar pengguna jalan semakin nyaman dan aman dalam berkendara. Peningkatan kualitas ini bertujuan untuk memastikan keselamatan pengguna jalan.

“Kami selaku pengelola Ruas Tol Cipali selalu berupaya meningkatkan kualitas jalan dengan melakukan perbaikan konstruksi di Tol Cipali dan memberikan pelayanan yang maksimal kepada pengguna jalan. Kami juga akan berkoordinasi dengan kepolisian setempat terkait dengan situasi dan kondisi lalu lintas di masa liburan panjang Idul Adha ini,” kata Sri Mulyo, Rabu (28/6/2023).

Baca Juga:
Kecelakaan Beruntun di Tol Cipali Libatkan 6 Kendaraan

Peningkatan kualitas jalan ini dilakukan dari KM 72 hingga KM 100 baik jalur arah Cirebon maupun Jakarta, KM 134 arah Cirebon, dan KM 176 arah Cirebon. Langkah tersebut terdiri dari Rekonstruksi Rigid dan Scrap Fill (SF) di area flexible pavement.

Ia menambahkan, saat ini seluruh pekerjaan sudah diberhentikan sementara dan semua lajur sudah dioperasikan secara normal sehingga pengguna jalan tidak akan terhambat oleh pekerjaan di jalan tol.

Baca Juga:
Tol Cipali ada Perbaikan Jalan di Titik Ini, Pengendara Harap Hati-Hati!

Selain itu, ASTRA Tol Cipali juga akan melakukan Live Report kondisi terkini pada libur panjang Hari Raya Idul Adha 1444 H yang akan dilakukan sebanyak 2 (dua) kali sehari yaitu pada jam 11.00 dan jam 20.00 dari tanggal 27 Juni s.d 2 Juli 2023 yang dapat dilihat melalui Instagram @astratolcipali. Pengguna jalan juga dapat memantau informasi dan kondisi lalu lintas di Ruas Tol Cipali melalui aplikasi MyInfoTol.

ASTRA Tol Cipali menghimbau masyarakat yang akan berpergian menggunakan Tol Cipali, untuk senantiasa menjaga keamanan diri, keluarga, dan pengguna lain dengan mematuhi rambu-rambu lalu lintas kecepatan, minimal 60 km/jam dan maksimal 100 km/jam.

Apabila kelelahan atau kondisi fisik sudah tidak baik, diimbau agar pengguna segera beristirahat di Rest Area terdekat. ASTRA Tol Cipali memiliki 8 Rest Area yang tersebar di Tol Cipali, baik arah Jakarta maupun arah Cirebon, dengan fasilitas yang lengkap untuk memudahkan pengendara dalam beristirahat.