Offroader Wanita, Lody Francis Natasha dan Sasty Laksamana Bersiap Harumkan Indonesia di AXCR 2023 di Thailand-Laos

  • Oleh : Ahmad

Kamis, 20/Jul/2023 20:29 WIB
Foto istimewa Foto istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Nama Lody Francis Natasha sudah tak asing lagi terdengar di dunia balap lantaran seorang offroader wanita Indonesia yang tetap eksis sampai saat ini.

Kini, perempuan yang identik dengan jeep dan offroad itu bersiap untuk menjajal Asia Cross Country Rally 2023, di Thailand - Laos, bersama dengan rekannya Sasty Laksamana, Kamis (20/7/2023). 

Baca Juga:
Sambut Penghujung Tahun 2023, RMA Indonesia Bermitra dengan PT Hayyu Pratama Dealer Buka Dealer Resmi 3S Ford di Kota Samarinda

Adapun Asia Cross Country Rally digelar pada 13 hingga 19 Agustus 2023 dan memiliki rute Thailand-Laos dengan jarak kurang lebih 2.000 kilometer (km). Saking bergengsinya, balap reli ini sering dijuluki sebagai Dakar Rally versi Asia.

Adapun Lody dan Sasty akan menjadi wakil dari Indonesia di kelas perempuan sekaligus peserta perempuan pertama dari Indonesia di kelas 4x4.

Baca Juga:
Kolaborasi Injourney Group bikin Indonesian GP 2023 Mandalika Sukses, Tembus 103.000 Penonton

Lody mengatakan keikutsertaan dalam Asia Cross Country Rally atau yang biasa dikenal dengan AXCR itu menjadi tantangan tersendiri sekaligus mewujudkan mimpi besarnya, apalagi bisa dilakukan bersama dengan sahabatnya. Dirinya meyakini Sasty sebagai rekannya akan mempermudah melewati berbagai macam rintangan saat di ajang AXCR.

"Saya ingin mengalami reli lintas negara ini dengan seorang wanita, dan itu harus dengan sahabat saya dari bangku TK. Harapannya adalah saya bisa menyelesaikan ajang ini dengan maksimal dan membuat Indonesia bangga," kata Lody.

Baca Juga:
Pemeran IMX 2023 Tampilkan Mobil-Mobil Keren, Pengunjung Ramai

Sedangkan bagi Sasty, Asia Cross Country Rally bukan hal baru dalam hidupnya. Tercatat, ia pernah menjadi tim support Indonesia di AXCR pada 2017 hingga 2022.

"Bahwa semua ibu, istri, wanita karir, dan semua wanita di luar sana, berani mengejar impiannya seperti saya bahkan ketika orang lain mengatakan bahwa mereka sudah terlambat untuk melakukannya," ucapnya.

Untuk diketahui, AXCR sudah digelar sejak 1996. Reli ini digelar lintas negara dan pernah diadakan mulai dari Thailand, Malaysia, Singapura, Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Laos, Vietnam, Kamboja, hingga Myanmar. AXCR didukung The Federation International Automobile (FIA) -badan pengatur yang sama dengan Formula 1-, World Rally Championship (WRC), dan Dakar Rally.

AXCR menjadi ujian besar untuk semua aspek keterampilan peserta dan tim hingga batasnya dengan menantang para peserta melalui berbagai kombinasi medan mulai dari daerah pegunungan, hutan, rawa, sisi pantai, penyeberangan sungai, gurun, perkebunan, aspal, hingga sirkuit -bersama dengan banyak kondisi cuaca tak terduga yang dihasilkan oleh alam di Asia. (Ahmad)