Kebakaran di Pelabuhan Jongor Tegal Hanguskan 52 Kapal

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 16/Agu/2023 07:34 WIB
Kebakaran terjadi di Pelabuhan Jongor, Tegalsari, Kota Tegal, Jawa Tengah. Dilaporkan 52 kapal yang bersandar di pelabuhan tersebut terbakar. (Foto:detik.com) Kebakaran terjadi di Pelabuhan Jongor, Tegalsari, Kota Tegal, Jawa Tengah. Dilaporkan 52 kapal yang bersandar di pelabuhan tersebut terbakar. (Foto:detik.com)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kebakaran besar terjadi di Pelabuhan Jongor, Kota Tegal, Jawa Tengah pada Senin (14/8) malam.

Dalam kebakaran kapal di Pelabuhan Jongor itu tak ada korban jiwa, namun banyak kapal yang ditambat di sana hangus terbakar.

Baca Juga:
Kapal Pengangkut BBM Terbakar di Marunda, Ini Penyebabnya!

"Data terakhir sebanyak 52 kapal, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut," kata Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Satake Bayu Setianto di Semarang, Selasa (15/8) seperti dikutip dari Antara.

Menurut dia, penyebab kebakaran kapal di Pelabuhan Jongor masih dalam penyelidikan.

Baca Juga:
Respon Cepat! Pangkalan PLP Tanjung Priok Bantu Pemadaman dan Gelar Oil Boom Terhadap Kapal Terbakar di Sunda Kelapa

Ia menjelaskan Polda Jawa Tengah telah menerjunkan tim forensik yang akan bekerja bersama Satuan Reserse Kriminal Polres Tegal Kota.

Bayu menambahkan saat ini api sudah padam dan akan dilakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) untuk mengetahui pasti penyebab kebakaran kapal di Pelabuhan Jongor.

Baca Juga:
Kapal Kargo Samudera Sakti 3 Terbakar di Lampung, 26 Awak Dievakuasi

Menurut dia, kejadian yang bukan pertama kali terjadi tersebut akan menjadi evaluasi dalam pengelolaan kawasan Pelabuhan Jongor Kota Tegal ke depan agar kejadian serupa tidak terulang.

Sebagai informasi, api yang membakar puluhan kapal di Pelabuhan Jongor pada Senin malam diduga berawal dari KM Kurnia Jaya yang sedang bersandar.

Angin kencang mengakibatkan api dengan cepat merembet ke kapal lain. Selain itu posisi yang saling berhimpitan mengakibatkan kebakaran terdampak pada banyak kapal.(fhm)