Kementerian-KP Bersama Nelayan Kumpulkan 3,8 Ton Sampah Laut di Dumai

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 18/Agu/2023 14:13 WIB
Pengumpulan sampah pada Gernas Bulan Cinta Laut KKP bersama nelayan di Dumai. Pengumpulan sampah pada Gernas Bulan Cinta Laut KKP bersama nelayan di Dumai.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggelar rangkaian Gerakan Nasional Bulan Cinta Laut (Gernas Bulan Cinta Laut) Tahun 2023 di Dumai, Provinsi Riau. 

Kegiatan pengumpulan sampah laut melalui partisipasi nelayan tersebut berhasil mengumpulkan 3,8 ton sampah non organik dalam kurun waktu selama satu bulan. 

Baca Juga:
Dirjen PSDKP KKP Dilantik, Menteri Trenggono Minta Berantas Penyelundupan BBL

Gernas Bulan Cinta Laut di Kota Dumai diikuti oleh 75 nelayan sebagai peserta yang berasal dari berbagai kelompok, antara lain Kelompok Usaha Bersama (KUB) Batu Karang, KUB Camar Laut, KUB Hiu Mas, KUB Kuda Laut, KUB Lomek, KUB Mekar Jaya, KUB Nelayan Purnama, KUB Nelayan TPI, KUB Sampan Dayung, dan KUB Senangin. Perhitungan dilaksanakan pada Sabtu (12/8/2023) di Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Dumai.

Direktur Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil Muhammad Yusuf menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu implementasi strategi ekonomi biru untuk menjaga ekologi dan kesehatan laut.

Baca Juga:
Kementerian-KP dan FAO Siapkan Fishway Pada Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro di Sukabumi

“Ancaman sampah plastik di laut sudah sangat mengkhawatirkan. Sampah plastik di laut terurai menjadi mikroplastik yang mengancam kesehatan manusia dan biota laut,” ujarnya.

Yusuf juga menyebutkan kegiatan ini diharapkan dapat menggugah dan meningkatkan kesadaran nelayan dan masyarakat untuk lebih bijak dalam mengelola sampah plastik agar tidak bocor ke laut dan mengancam keberlangsungan organisme di perairan.

Baca Juga:
Kementerian-KP Tangkap 2 Perahu Pelaku Destructive Fishing di Sulawesi Utara

“Mengutip sebuah hadist yang menyebutkan bahwa segala kebaikan, sekecil apapun, akan dibalas dengan pahala yang berlipat ganda, diharapkan pula agar kegiatan ini tidak hanya menjadi seremoni semata dan dapat berlanjut hingga nanti,” tambahnya.

Selain pengumpulan sampah plastik, dilaksanakan pula bimbingan teknis di Politeknik Kelautan dan Perikanan (Poltek KP) Dumai sebagai rangkaian Gernas Bulan Cinta Laut yang sebelumnya dilaksanakan melalui kegiatan sosialisasi dan pembukaan kegiatan Gerakan Nasional Bulan Cinta Laut Tahun 2023 yang telah diinisiasi secara serentak sejak 6 Juli 2023 di 18 kabupatan/kota seluruh Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Riau Syamsuar mengharapkan dukungan kolaborasi Gernas Bulan Cinta Laut dapat terus dilakukan antara pemerintah pusat dan daerah serta mitra usaha pendukung lainnya.

Syamsuar juga menegaskan bahwa pemerintah pusat dan daerah memiliki tugas bersama untuk mennyukseskan pelaksanaan program-program nasional pemerintah.

Kegiatan Bulan Cinta Laut di Dumai merupakan sinergi kegiatan yang dilaksanakan KKP bersama para pemangku kepentingan terkait. Selain Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional Pekanbaru, Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Wilker Dumai, KKP juga menggandeng Pemerintah Daerah Provinsi Riau di antaranya Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Riau, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau, Dinas Perikanan Kota Dumai, Dinas Lingkungan Hidup Kota Dumai, Politeknik Kelautan dan Perikanan Dumai, Bank Sampah Dumai Jaya Plastik serta masyakarat setempat.(fhm)