Pesan Kepala BPSDMP Saat Lantik 929 Perwira Lulusan STTD-PTDI: Berikan Layanan Profesional, Efisien, dan Tepat Guna!

  • Oleh : Naomy

Rabu, 13/Sep/2023 10:53 WIB
Pelantikan lulusan STTD-PTDI Pelantikan lulusan STTD-PTDI

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) melalui Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI-STTD), melantik 929 Perwira Transportasi Darat lulusan PTDI-STTD Bekasi.

Baca Juga:
BPSDMP Siap Cetak SDM Transportasi ASDP Unggul dan Kompeten

Upacara pelantikan dipimpin Kepala BPSDMP Djoko Sasono di Museum Transportasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Selasa (12/9/2023).

Djoko mengungkapkan, upacara pelantikan perwira transportasi hari ini merupakan puncak dari bukti keseriusan, kerja keras dan dedikasi dalam menyelesaikan proses pendidikan dan pelatihan yang menghasilkan lulusan perwira PTDI-STTD yang memiliki kompetensi unggul, prima, profesional dan menjadi center of excellent. 

Baca Juga:
Gandeng ACI, BP3 Curug Gelar Pelatihan Advanced Airport Operation

"Perwira dari hasil pola pembibitan ini ditujukan antara lain untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan transportasi di seluruh wilayah Indonesia, dan kalian merupakan lulusan yang menjadi inti dari langkah-langkah tersebut guna menjadi perekat NKRI dalam membangun konektivitas yang berkeselamatan," tuturnya.

Tantangan transportasi di Indonesia ke depan kata dia, cenderung akan semakin berat, maka Kementerian Perhubungan berkomitmen memberikan layanan yang profesional, efisien dan tepat guna. 

Baca Juga:
Plt Kepala BPSDMP Tekankan Pentingnya Kompetensi SDM Transportasi Darat dan Perkeretaapian

Untuk itu diperlukan sumber daya manusia yang cakap dan mampu berkompetisi di era revolusi agar bersama-sama mencapai Indonesia Emas pada tahun 2045.

"Kita sadar bahwa transportasi darat itu menjadi salah satu penentu di dalam berjalannya keterpaduan dengan moda transportasi lain, saya sangat meyakini dengan bekal ilmu pengetahuan yang didapat selama masa pendidikan dapat menjadikannya capaian tingkat penyelenggaraan transportasi yang lebih baik," tambahnya.
 
Djoko menaruh harapan kepada para wisudawan agar dapat menanamkan rasa syukur, bangga dan selalu memotivasi diri untuk menjadi insan transportasi yang menjunjung tinggi nama baik bangsa, senantiasa selalu menyesuaikan diri sebaik-baiknya terhadap perubahan yang terjadi serta selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Oleh karena itu saya sangat berharap, kalian dapat betul-betul mengabdikan diri di pemerintahan. menjadi regulator tidaklah mudah, maka teruslah berupaya untuk menambah ilmu pengetahuan, lakukan hal-hal terbaik, Indonesia menunggu kiprah kalian semua," ujarnya.

Dia memberikan apresiasi kepada para pendidik dan tenaga kependidikan baik dosen maupun instruktur di PTDI-STTD yang telah membantu para wisudawan senantiasa meraih kesuksesan dalam setiap langkah tugas dan pengabdiannya.

"Saya ucapkan selamat, serta penghargaan setinggi-tingginya atas dedikasi dalam mendidik dan melatih para wisudawan sehingga berhasil mengantarkan mereka ke gerbang keberhasilan, semoga Allah SWT meridhoi usaha kita bersama untuk mendorong kemajuan bangsa dan negara," tutupnya.

Dalam kesempatan yang sama Direktur PTDI-STTD, Ahmad Yani melaporkan, perwira yang dilantik berjumlah 929 Taruna/I merupakan lulusan dari Program Sarjana Terapan dan Diploma Tiga tahun akademik 2022/2023.

Rincian 19 orang lulusan Prodi Transportasi Darat Program Sarjana Terapan Alih Jenjang, 430 orang lulusan Prodi Transportasi Darat Program Sarjana Terapan, 384 orang lulusan Prodi Manajemen Transportasi Jalan Diploma Tiga, dan 96 orang lulusan Prodi Manajemen Transportasi Perkeretaapian Diploma Tiga. (omy)