Kepala BPSDMP Wisuda 233 Perwira Transportasi Laut Poltekpel Surabaya

  • Oleh : Naomy

Senin, 18/Sep/2023 14:25 WIB
Wisuda Poltekpel Surabaya Wisuda Poltekpel Surabaya

 

SURABAYA (BeritaTrans.com) - Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Djoko Sasono memimpin Upacara Wisuda Perwira Transportasi Laut Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya XLIX Tahun 2023, Senin (18/9/2023).

Baca Juga:
Cadet Corner Poltekpel Banten Diresmikan, Terapkan Program Merdeka Belajar

Para lulusan Perwira Transportasi Laut menurutnya, harus berkomitmen menjaga lingkungan laut, mengurangi dampak negatif dan mendukung pelayaran yang berkelanjutan dengan memprioritaskan pratik ramah lingkungan, menjadi teladan dan menciptakan perubahan positif dalam industri maritim.

Sesuai dengan tema yang diusung pada wisuda kali ini yaitu "The Competent Indonesian Seafarers are Committed to Protecting the Marine Environment and Sustainable Shipping towards Developed Indonesia, Djoko menyampaikan, dibutuhkan tekad, dedikasi, dan peran besar para lulusan perguruan tinggi matra laut di lingkungan BPSDMP dalam menjaga lingkungan laut dan mengembangkan sektor maritim Indonesia.

Baca Juga:
Capt. Wisnu Minta Pegawai BPSDMP Tingkatkan Semangat Kerja

"Ini adalah tanggung jawab yang besar, kalian akan menjadi tulang punggung dalam industri maritim yang semakin maju dan jadilah pahlawan lingkungan yang menjaga lingkungan laut," tuturnya.

Kepala BPSDMP juga menyampaikan dengan pengetahuan, keterampilan dan kompetensi yang didapat selama menjalani pendidikan di Poltekpel Surabaya, para lulusan harus mendedikasikan diri sepenuhnya untuk memajukan industri maritim Indonesia.

Baca Juga:
BPSDMP Gelar DPM Bidang Kepelautan Bagi Masyarakat Sumbar

“Kalian harus menjadi pelaut yang mengutamakan praktik ramah lingkungan dalam segala aspek pekerjaan, dan secara aktif berkontribusi untuk melindungi laut. Sambutlah tantangan dan siap memimpin Indonesia menuju pelayaran yang berkelanjutan," tambahnya.

Lebih lanjut, dia juga mengingatkan saat ini pertumbuhan ekonomi Indonesia tumbuh di atas 5 persen dan diperkirakan Indonesia pada tahun 2045 akan menjadi empat raksasa ekonomi dunia bersama dengan China, Amerika dan India. 

"Pertumbuhan ekonomi ini identik dengan kegiatan investasi dan ekspor, di mana salah satu unsur penting dalam kegiatan ekspor adalah transportasi”, ungkapnya. 

Artinya, untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, kita mengandalkan pelaut-pelaut yang hebat dengan cara bekerja keras dan beyond your limit. 

Djoko menyampaikan selamat kepada para wisudawan beserta keluarga atas pencapaian saudara dalam menyelesaikan pendidikan program sarjana terapan dan diploma III. 

"Selamat kepada para wisudawan atas kesuksesan kalian hari ini. Semoga kalian semua dapat meraih keberhasilan yang lebih besar lagi di masa depan dan dapat menjadi inspirasi bagi generasi yang akan datang. Teruslah berjuang dan berkarya untuk bangsa dan negara Indonesia" tutur Djoko. 

Pada kesempatan yang sama, Direktur Poltekpel Surabaya, Heru Widada dalam laporannya menyampaikan bahwa para Perwira Transportasi Laut angkatan 49 tahun 2023 yang diwisuda kali ini sebanyak 233 orang.

Mereka merupakan lulusan Sarjana Terapan yang terdiri dari Teknologi Rekayasa Operasi Kapal sebanyak 43 orang, Teknologi Rekayasa Permesinan Kapal sebanyak 36 orang, Teknologi Rekayasa Kelistrikan Kapal sebanyak 27 orang dan Transportasi Laut sebanyak 86 orang dan untuk lulusan Diploma III terdiri dari Program Nautika sebanyak 10 orang, Teknika sebanyak 14 orang, dan Elektro Pelayaran sebanyak 17 orang. (omy)