Dukung Upaya Pemulihan Ekonomi, Kemenhub Gelar Program Padat Karya di Dumai

  • Oleh : Naomy

Selasa, 10/Okt/2023 20:44 WIB
Padat karya di wilayah Disnav Dunai Padat karya di wilayah Disnav Dunai

 

DUMAI (BeritaTrans.com) - Dukung upaya pemerintah dalam percepatan pemulihan ekonomi, Kementerian Perhubungan c.q. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Distrik Navigasi Tipe A Kelas I Dumai menggelar program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Padat Karya Tahun 2023 pada 10 hingga 12 Oktober 2023. 

Baca Juga:
Dukung Kespel, Dibahas Rencana Penetapan Alur Pelayaran Pelabuhan Tanjung Buton

Kegiatan berlangsung di Dermaga Kenavigasian Dumai, Mundam Distrik Navigasi Tipe A Kelas I Dumai dan Taman Pelampung/Lapangan Penumpukan. 

Padat Karya dibuka anggota Komisi V DPR Effendi Sianipar di Halaman Kantor Distrik Navigasi Tipe A Kelas I Dumai, Selasa (10/10/2023).

Baca Juga:
Libatkan 3.000 orang, ASDP Dukung Program Padat Karya Kapal Perintis melalui TJSL di 18 Cabang

Dia menyebutkan, Program Padat Karya agar dilaksanakan secara berkelompok dan mengutamakan tenaga kerja yang direkrut dari masyarakat sekitar. 

"Prioritas masyarakat yang terlibat dalam kegiatan ini merupakan tenaga kerja yang tidak memiliki keahlian khusus, tidak bekerja dalam waktu yang lama, dan mempertimbangkan juga masyarakat yang memerlukan pekerjaan guna menyambung kelangsungan perekonomian," ungkap Effendi. 

Baca Juga:
Buka Program Padat Karya di Muara Angke, Fahira Idris: Penting untuk Pemulihan Ekonomi

Walikota Dumai diwakili Sekretaris Daerah Kota Dumai Indra Gunawan menyambut baik Program Padat Karya yang digelar Distrik Navigasi Tipe A Kelas I Dumai. 

Diharapkan kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut membawa dampak positif terhadap perekonomian Kota Dumai dan dapat terus dilanjutkan di masa yang akan datang serta diperlukan dukungan yang kuat dari stakeholder terkait. 

"Harapannya semoga kegiatan yang dilakukan untuk mendukung percepatan ekonomi nasional ini dapat berlangsung secara berkala, sehingga keterlibatan stakeholder juga perlu dikuatkan," ujar Indra. 

Kepala Distrik Navigasi Tipe A Kelas I Dumai Gigih Retnowati sebagai tuan rumah menyampaikan laporannya bahwa Padat Karya bertujuan mengurangi pengangguran dan masyarakat miskin, memupuk rasa kebersamaan, gotong royong, dan partisipasi masyarakat. 

"Adapun Program Padat Karya ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pemberdayaan masyarakat, mewujudkan peningkatan akses masyarakat miskin, perempuan, anak, dan kelompok marginal kepada pelayanan dasar, dengan berbasis pendekatan pemberdayaan masyarakat, serta membangkitkan kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat serta menciptakan lapangan kerja melalui kegiatan pembangunan secara swakelola dan padat karya tunai," papar Gigih. 

Program padat karya melibatkan 80 orang masyarakat yang dibagi menjadi 60 orang melakukan pekerjaan di Dermaga dan 20 orang melakukan pekerjaan di Taman Pelampung/Lapangan Penumpukan. Padat Karya tahun ini berlokasi di tiga tempat. 

Yakni Dermaga Kenavigasian Mundam, Dermaga Kenavigasian Dumai, dan Taman Pelampung/Lapangan Penumpukan Distrik Navigasi Tipe A Kelas I Dumai di Jalan Datuk Laksamana. 

Adapun ruang lingkup pekerjaan yaitu pengecatan, pembersihan lahan, penebasan rumput. 

"Diharapkan dengan pelaksanaan padat karya dapat membawa dampak positif bagi masyarakat setempat," tutup Gigih. (omy)