SatPolair Polres Kepulauan Seribu Giat Berpatroli Laut di Perairan Pulau Untung Jawa

  • Oleh : Ahmad

Sabtu, 18/Nov/2023 15:54 WIB
Foto: istimewa/polreskepulauanseribu Foto: istimewa/polreskepulauanseribu

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Satuan Polair Polres Kepulauan Seribu melaksanakan kegiatan patroli laut yang berfokus di perairan sekitar Pulau Untung Jawa menggunakan Kapal Polisi KP. VII-40-204.

Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga keamanan dan mencegah tindak kejahatan di area perairan tersebut. Sabtu (18/11/2023).

Baca Juga:
Bhabinkamtibmas Pulau Kelapa Polres Kepulauan Seribu Bangun Keterpaduan Pasca Pemilu 2024

AKP Dasiman, SH, selaku Kasat Polair Polres Kepulauan Seribu, memimpin langsung kegiatan patroli ini. Satuan Polair secara rutin melakukan patroli laut untuk mengantisipasi potensi tindak kriminal seperti perompakan serta kejahatan lainnya yang mungkin terjadi di perairan sekitar Pulau Untung Jawa.

Selama patroli, petugas Polair tidak hanya melakukan lingkar-lingkar untuk memantau potensi ancaman kejahatan, namun juga melakukan sambang ke nelayan yang beroperasi di perairan tersebut. Mereka memberikan himbauan terkait kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat), serta memberikan sosialisasi tentang pentingnya menggunakan life jacket (pelampung) saat beraktivitas di laut dan memperkenalkan hotline Polri 110 sebagai sarana untuk melaporkan kejadian darurat atau kejahatan.

Baca Juga:
Bhabinkamtibmas Pulau Tidung Polres Kepulauan Seribu Menjalin Sinergi dengan Tokoh Masyarakat Pasca Pemilu 2024

"Kami tidak hanya fokus pada pencegahan kejahatan, tetapi juga berupaya meningkatkan kesadaran keselamatan bagi para nelayan dan pengguna perairan melalui sosialisasi penggunaan life jacket yang merupakan hal penting untuk keselamatan mereka di laut," ungkap AKP Dasiman.

Kegiatan patroli laut ini menjadi bagian dari upaya Polres Kepulauan Seribu dalam memberikan perlindungan, memastikan keamanan, serta memberikan edukasi kepada masyarakat terkait tindakan preventif demi menciptakan lingkungan perairan yang lebih aman dan terjaga dari potensi tindak kejahatan.(ahmad) 

Baca Juga:
Patroli Malam Perintis Presisi: Upaya Dialogis Polsek Kepulauan Seribu Selatan dalam Menjaga Ketertiban Pasca Pemilu 2024