Di Rakornis Nataru 2023, Dirjen Hubla: Jadilah Penumpang `Good Passengers`!

  • Oleh : Ahmad

Selasa, 05/Des/2023 18:47 WIB
Penumpang kapal akan ke Kepulauan Seribu di Dermaga Kali Adem Muara Angke/ foto:dok/BeritaTrans.com/ Penumpang kapal akan ke Kepulauan Seribu di Dermaga Kali Adem Muara Angke/ foto:dok/BeritaTrans.com/

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Angkutan Laut kembali akan disibukan dengan adanya liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Baca Juga:
Sukses Angkutan Laut Lebaran 2024, KSOP Utama Tanjung Priok Gelar Penutupan Posko Bersama Stakeholder di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok

Dengan demikian angkutan laut mesti mempersiapkan segala sesuatu seperti Kelaikan alat angkutan penumpang atau kapal, Fasilitas sarana keselamatan pelayaran dan pelabuhan yang terpenting adalah penumpang yang baik atau 'good passengers'. 

Baca Juga:
Tiket Mudik Gratis Kapal Laut Sedot Minat Masyarakat

Dirjen Hubla Antoni Arif Priadi di acara Rapat Koordinasi Nataru 2023, foto:istimewa/BeritaTrans.com/ahmad

 

Baca Juga:
Transformasi Digital Pelabuhan dengan Sistem Single Submission Pengangkut, Uji Coba di 46 Pelabuhan

Seperti diungkapkan Capt Antoni Arif Priadi, Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan," Ada tiga hal yang harus diperhatikan Kapal, Fasilitas keselamatan, dan penumpang," di hadapan hampir 500 peserta di acara Rapat Koordinasi Nataru 2023/2024 di Hotel Borobudur Jakarta, Selasa (5) 12/2023).

"Kapal wajib laik untuk berlayar dan sudah melakukan uji petik, lalu fasilitas keselamatan berlayar diantaranya life jaket sarana pendukung keselamatan lainnya, untuk dermaga di pelabuhan bila ada siapkan garbarata yang bisa mempermudah ibu hamil, lansia, disabilitas dan anak-anak untuk masuk ke dalam kapal, yang terpenting adalah penumpang, jangan sampai ada yang merokok di atas kapal, membawa senjata tajam dan bahan yang mudah terbakar seperti petasan ataupun kembang api," tambahnya. 

"Dirjen Hubla bekerja sama dengan BMKG untuk mengetahui prakiraan cuaca. Tunda keberangkatan kapal ketika cuaca buruk hingga kembali kondusif," tegasnya. 

"Gunakan media sosial DJPL untuk memberikan informasi tentang kedatangan dan keberangkatan kapal," tutupnya. 

Diprediksi 2.414.886 penumpang akan menggunakan angkutan laut, naik sekitar 5 persen dibandingkan tahun yang lalu. 

Kemenhub akan kerahkan 1.354 kapal dengan kapasitas 242 960 penumpang dan melaksanakan pemantauan atau posko angkutan laut selama periode Nataru 2023/2024 mulai 18 Desember 2023 sampai dengan 8 Januari 2024 di 264 pelabuhan di seluruh Indonesia.(ahmad)