Jelang Libur Nataru, Tim Ditkapel dan BTKP Uji Petik KM. Sabuk Nusantara 69 di Pelabuhan Bitung

  • Oleh : Naomy

Rabu, 06/Des/2023 09:29 WIB
Uji petik kapal di Pelabuhan Bitung Uji petik kapal di Pelabuhan Bitung

 

BITUNG (BeritaTrans.com) - Jelang libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru), Tim Direktorat Perkapalan dan Kepelautan (Ditkapel) dan Balai Teknologi Keselamatan Pelayaran (BTKP) di Pelabuhan Bitung, Selasa (5/12/2023). 

Baca Juga:
Monitoring Jelang Angkutan Arus Balik Libur Nataru di Pelabuhan Bitung

Dalam rangka memastikan ketersediaan alat keselamatan kapal dan fasilitas komunikasi serta dokumen kapal Tim Uji Petik dari Ditkapel bersama Tim BTKP didampingi Marine Inspector Kantor KSOP Kelas I Bitung, melaksanakan pemeriksaan terhadap KM.Sabuk Nusantara 69, di Pelabuhan Samudera Bitung.

Uji Petik tersebut menyasar pemeriksaan alat-alat keselamatan diantaranya, Fungsi Sekoci dan Life Raft serta sertifikasinya, Llife Jacket, Emergency Fire Pump, Fire Detector, Smoke Detector, EPIRB dan SART, Mesin Utama, Radio Komunikasi serta alat pemadam kebakaran. 

Baca Juga:
Monitoring Libur Nataru di KSOP Bitung, Dirkapel Apresiasi Koordinasi di Posko Terpadu

Pemeriksaan ini dipimpin, Pengawas Keselamatan Pelayaran Ahli Muda, Helmi Chandra, Penilik Teknis Kapal, Capt. Benny Jackson Maliota, dan pengelola Dokumen Kapal, Ema Natasya B. Sitepu, juga pemeriksa BTKP, Parlin M Purba selaku perekayasa teknologi dan pemberitaan.

Hadir juga Samsuri selaku Mualim I KN.Mitra Utama dan Bramadita Unggul Prayogo ST sebagai sebagai pemroses hasil penilaian dan pengujian.

Baca Juga:
Monitoring Angkutan Nataru di Sulut, Dirkapel Tinjau Pelabuhan Bitung dan Likupang

Sesuai arahan Kepala Kantor KSOP Kelas I Bitung, menurut Samsuddin, rombongan sebelum melaksanakan uji petik, diterima Plh.Kepala Kantor yang juga Kepala Bagian TU, Mukminin. 

Selanjutnya Team Work Marine Inspector Radio, Auditor ISM CODE, serta Marine Radio dalam kesatuan SK Kepala Kantor tentang Team Ramp Chek, menyiapkan Kegiatan Nasional dan Konektivitas Transportasi Pelayaran Wilayah Kerja KSOP Kelas 1 Bitung dan Wilayah Indonesia Timur, Tengah dan Barat. 

Terdiri dari Kabid SHSK, Capt. Wahyu Prihanto, Kasie Status Hukum Kapal, Capt.Majumi Mamuaja, Kasie Sertifikasi Kapal, Leksono Kuncoro Budi Widodo, serta para Marine Inspector KSOP Kelas I Bitung, Hendra Toloh dan Leon Kaeng. 

"Mari bersama kita bangun Transportasi Laut Indonesia untuk Tranportasi Maju melalui nilai-nilai OPTIMIS (Outcome, Profesional, Tangguh, Inovatif, Melayani, Integritas dan Sinergi," tutur Mukminin. 

Hasil uji petik pada armada tersebut, laiklaut tanpa ditemukan kondisi mayor dan minor. 

"Kami berharap seluruh armada yang akapn melayani angkutan Nataru menyiapkan secara maksimal demi keselamatan dan keamanan pelayaran," katanya. (omy)