Monitoring Jelang Angkutan Arus Balik Libur Nataru di Pelabuhan Bitung

  • Oleh : Naomy

Minggu, 31/Des/2023 13:05 WIB
Peninjauan Posko di Pelabuhan Bitung Peninjauan Posko di Pelabuhan Bitung


BITUNG (BeritaTrans.com) - Monitoring jelang angkutan arus balik libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) dilakukan Sekretaris Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Cecep Kurniawan di Pelabuhan Bitung, Sulawesi Utara. 

Kepala KSOP Kelas I Bitung Samsudin menerima Sesditjen Udara saat meninjau aktifitas Posko Angkutan Laut. 

Baca Juga:
Penutupan Angkutan Laut Nataru 2023, Kepala Pangkalan PLP Tanjung Priok: Selama Gelaran, Waspam Berjalan dengan Baik

"Alhamdulillah hingga saat ini semuanya berjalan lancar, selamat, dan aman," ujar Samsudin, Ahad (3112/2023). 

Baca Juga:
Libur Nataru, Penumpang di Pelabuhan Bitung Meningkat

Cecep menyampaikan apresiasi pada para petugas Pokso yang siaga dalam memonitoring jalannya angkutan laut Nataru dengan baik. 

Seperti diketahui arus balik libur Nataru dipresdiksi dimulai sejak besok (1/1/2024) hingga
Sabtu (7/1/2024) untuk angkutan laut. 

Baca Juga:
KSOP Bitung Apel Pembukaan Posko Angkutan Laut Nataru

 

Pada kunjungan tersebut, Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Cecep Kurniawan didampingi Kepala Bagian Kerja Sama Internasional, Humas dan Umum Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Mokhammad Khusnu. 

Sementara hadir juga mendampingi Kepala KSOP Bitung, Kabid Lala dan UK Iwan Syahril, Kabag TU.Mukminin, Kabid SHSK Capt. Wahyu Prihanto, General Manager PT Pelindo (Persero) Regional 4 Bitung, Ramdan Affan Kiayaidemak bersama Manager Teknik, Windy Fransinety, Kepala Cabang PT Pelni Bitung, Juni Samsudin Sitorus, TNI/POLRI dan Unsur Maritim Pelabuhan Bitung.

Penumpang di Pelabuhan Bitung

Samsudin menambahkan, selama Posko angkutan Laut Nataru hingga Sabtu (30/12/2023) di Pelabuhan Bitung, terdapat kapal tiba dan berangkat sebanyak 21 kapal. 

"21 kapal tiba dengan 7.476 penumpang dan 21 armada berangkat dengan 6.084 orang, dan penumpang lanjutan sebanyak 1.503," ujarnya.

Adapun kapal yang tiba dan beragkat adalah Kapal milik PT Pelni, PT Atosim Lampung Pelayaran, PT Epa Karlinia Lines, PT Citrabaru Adinusantara, dan PT Surya Pasific Indonesia. 

Bila dibandingkan pada tahun lalu, maka produksi di libur Nataru tahun ini mengalami penurunan. Pada tahun lalu terdapat 28 call kapal dengan penumpang naik 6.311 dan turun 8.807 dengan total naik dan turun sebanyak 15.118 penumpang. 

"Sedangkan data hingga 30 Desember 2023,call kapal 24 dengan penumpang naik 6.084, penumpang turun 7.476, total naik dan turun 13.558 orang," ungkap Samsudin. (omy)