Sukseskan Hari Nusantara 2023, Ditjen Hubdat Siapkan Layanan Operasional Penyeberangan dan Shuttle Bus

  • Oleh : Naomy

Senin, 11/Des/2023 18:05 WIB
Pembakaran sate di area Puncak Hari Nusantara 2023 di Tidore Pembakaran sate di area Puncak Hari Nusantara 2023 di Tidore


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Turut sukseskan perayaan Hari Nusantara 2023 di Tidore Kepulauan, Maluku Utara, 13 Desember, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan terus mempersiapkan layanan transportasi. 

Rangkaian kegiatan Hari Nusantara telah dimulai sejak 10 Desember 2023 dengan menggelar Nusantara Expo yang menyediakan 100 Booth gratis dengan peserta dari UMKM lokal dan Kementerian/Lembaga.

Baca Juga:
Ditjen Hubdat Tingkatkan Kolaborasi Penyelenggaraan Angkutan Pariwisata

Selain itu juga ada Rumah Baca, Karnaval Budaya Nusantara, Permainan Tradisional, Bakti Sosial, Bakti Kesehatan hingga Pemecahan Rekor Muri Bakar/Makan Sate Ikan Terbanyak (26.000 tusuk).

Sekretaris Ditjen Perhubungan Darat, Amirulloh mengemukakan, untuk aksesibilitas pengunjung pada rangkaian Hari Nusantara 2023, pihaknya menyiapkan dukungan tambahan operasional penyeberangan dan shuttle bus. 

Baca Juga:
Susun Renstra 2025-2029, Ditjen Hubdat Dorong Kolaborasi dan Sinergi

"Untuk penyeberangan, kami siapkan tambahan pada rute Bastiong-Rum, untuk saat ini pelayanan per hari sebanyak 3x PP (6 trip) dengan kapasitas layanan 300 orang dan 30 mobil per trip," jelas Amirulloh, Senin (11/12/2023). 

Sebagai Ketua Bidang Acara Puncak Hari Nusantara 2023, Ditjen Hubdat menurutnya, juga menyediakan shuttle bus untuk mobilitas masyarakat pengunjung dari dan ke Tidore. 

Baca Juga:
Sesditjen Hubdat Bersama Komisi V DPR Tinjau Terminal Tipe A Purboyo

Dukungan shuttle bus ini, yakni sebanyak 10 kendaraan di Kota Ternate dan 20 kendaraan di Kota Tidore Kepulauan. 

Terkait penyeberangan Ternate - Tidore untuk tamu VVIP dan VIP, Provinsi Maluku Utara menyiapkan speedboat sebanyak empat unit dengan kapasitas @25 orang dari Pelabuhan Residen (Kota Ternate) menuju Pelabuhan Goto Sarimalaha (Kota Tidore Kepulauan) pulang-pergi.

"Kemenhub menyiapkan Kapal Negara sebanyak dua armada dengan kapasitas @30 orang dari Pelabuhan Ahmad Yani (Kota Ternate) menuju Pelabuhan Trikora (Kota Tidore Kepulauan) (PP)," ungkap Amirulloh. 

Pihaknya juga dalam persiapannya telah memasang lampu penerangan jalan umum yang terang benderang di beberapa titik jalan di wilayah Tidore Kepulauan. 

Hal ini dilakukan untuk mengutamakan keselamatan saat mobilisasi selama kegiatan Hari Nusantara 2023.

Selain itu juga dilakukan koordinasi dengan Ditjen Perhubungan Laut, di mana akan tersedia akomodasi terapung menggunakan kapal Pelni Tatamailau pada 11 s.d. 14 Desember 2023 untuk tamu undangan dengan mengisi formulir dan reservasi melalui contact person, yang disediakan. 

Tak hanya itu saja, Ditjen Hubdat juga berkolaborasi dengan Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) dalam menyediakan kapal latih dan kapal KSOP untuk berpartisiasi pada kegiatan Sailing Pass.

"Bersama Ditjen Perhubungan Udara kami berkoordinasi terkait peningkatan jumlah penerbangan ke Ternate melalui Bandara Sultan Babullah serta kebutuhan penyediaan ruang VVIP di area bandara," katanya. 

Pihaknya juga berkoordinasi dengan Kementerian ESDM terkait pasokan listrik, BBM, dan avtur selama penyelenggaraan Hari Nusantara. 

Selanjutnya, pemerintah Daerah bersama TNI AL telah berkoordinasi terkait penyiapan kegiatan Bakti 
Kesehatan (Pelayanan Kesehatan Umum, Khitan Massal, Donor Darah dan Pengobatan 
Gigi) dan Bakti Sosial (Bersih-Bersih Pantai dan Penanaman Mangrove). 

Pada malam puncak Hari Nusantara, masyarakat juga akan dihibur dengan penampilan grup band Slank. (omy)