Gandeng Telkom, ASDP Luncurkan Aplikasi Monitoring Armada

  • Oleh : Naomy

Minggu, 17/Des/2023 17:21 WIB
Peluncuran 3 produk digital ASDP Peluncuran 3 produk digital ASDP

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) Gandeng Telkom melalui jaringan Telkomsel,  PT ASDP Indonesia Ferry meluncurkan aplikasi digitalisasi monitoring armada. 

Baca Juga:
Sepanjang Libur Lebaran, Penumpang ASDP Naik 3%, Kendaraan 9%

Peluncuran aplikasi tersebut diresmikan secara langsung Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi, Direktur Teknik dan Fasilitas Kusnadi C. Wijaya, Direktur Komersial dan Pelayanan Yusuf Hadi, Direktur SDM dan Layanan Korporasi Wahyu Wibowo dan Vice President Corporate Account Management Telkomsel Ceppy Djakaria, Jumat (15/12/2023).

Ira mengatakan, langkah digitalisasi ini merupakan bagian dari upaya ASDP dalam menaikkan peradaban yang mampu membangun Indonesia. 

Baca Juga:
Selama Angleb, ASDP Layani Hingga 4,14 Juta Penumpang di 8 Lintasan

"Semangat kami dari awal adalah dengan mengusung Elevating Civilization to the Next Level. Untuk itu kami sangat mengapresiasi Telkomsel yang juga sudah jadi bagian sangat instrumental bagi perkembangan ASDP khususnya di bidang digitalisasi demi meningkatkan perabadan," ujarnya.

Dia juga menyatakan bahwa dengan adanya aplikasi monitoring armada tersebut, data acquisition jadi jauh lebih cepat dan terorganisir. 

Baca Juga:
ASDP: Hampir 100 Persen Pemudik dari Sumatera via Penyeberangan Telah Kembali ke Jawa

"Harapannya data kita olah menjadi informasi dan informasi tersebut mampu menjadi keputusan operasional," ungkapnya.

Direktur Teknik dan Fasilitas ASDP Kusnadi C. Wijaya menyampaikan dalam laporannya bahwa dengan adanya digitalisasi monitoring armada tersebut para KKM (Kepala Kamar Mesin), maupun manager teknik di cabang dapat melakukan pola perawatan dan pola pemeliharaan yang terencana dengan baik.

"Dengan adanya Aplikasi Monitoring Armada Siemon (Sistem Engine Monitoring Online) dan SMS (Ship Maintenance System) bertujuan menjadi sistem pondasi atas perawatan armada dengan sasaran ketepatan, kecepatan dan kualitas pekerjaan perawatan yang dapat dilakukan lebih efektif dan efisien, sehingga kesiapan serta kepastian operasional dan keselamatan untuk pengguna jasa dapat ditingkatkan," tuturnya.

Dia menegaskan, dengan terdigitalisasinya proses ini, ASDP mampu memiliki track record atas perkembangan docking kapal dari hari ke hari.

Vice President Corporate Account Management Telkomsel Ceppy Djakaria menambahkan, digitalisasi sistem ini merupakan jawaban dari tantangan yang ada pada industri maritim. 

Seiring dengan perkembangan industri dan teknologi saat ini termasuk industri maritim yang dihadapkan dengan banyak tantangan dan tantangan ini tentunya akan terus bertambah baik itu dari sisi aspek operasional maupun juga layanan. 

"Untuk menjawab seluruh tantangan yang muncul hari ini, digitalisasi dan transformasi menjadi salah satu kata kuncinya. Pada kesempatan ini, salah satu transformasi digital yang dilakukan oleh ASDP yaitu berkolaborasi dengan Telkomsel dalam menyajikan dan membangun sistem engine monitoring online yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi dan juga solusifitas aset, sekaligus diharapkan mampu meningkatkan keselamatan dan keamanan armada itu sendiri," urainya.

ASDP terus meningkatkan dan mengembangkan proses digitalisasi melalui berbagai sisi demi membangun peradaban agar mampu menjadi perusahan berkelas dunia. (omy)