Menhub: Perlu Perhatian Khusus Pada Pelaku Perjalanan Wisata

  • Oleh : Naomy

Kamis, 21/Des/2023 14:10 WIB
Memhub bersama.Wakapolri Memhub bersama.Wakapolri

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menghadiri kegiatan apel pasukan Operasi Lilin dalam rangka pengamanan Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru), yang diselenggarakan Kepolisian di Monas, Kamis (21/12/2023).

Baca Juga:
Indonesia Tuan Rumah Forum Sistem Transportasi Cerdas Asia Pasifik

Menhub menyampaikan, perlu ada perhatian khusus pada perjalanan wisata selama libur Nataru. 

“Kita tahu ada perkiraan 107 juta orang yang bergerak pada libur Nataru tahun ini dan kebanyakan akan menuju tempat wisata," ujar Menhub. 

Baca Juga:
Menhub Dorong Percepatan Penggunaan Bus Listrik di Perkotaan

Menhub menyebutkan, untuk memastikan kelaikan armada transportasi khususnya bus, Kemenhub telah melakukan inspeksi keselamatan atau ramp check pada bus pariwisata dan bus antarkota antarprovinsi (AKAP). 

Ini sebagai salah satu upaya antisipasi, karena moda transportasi bus banyak digunakan untuk perjalanan ke destinasi wisata.

Baca Juga:
Menhub dan Kakorlantas Polri Bahas Evaluasi Bus Pariwisata

Dia mengungkapkan, Jalur tol Cikopo-Palimanan (Cipali) menjadi salah satu titik krusial yang akan terjadi kepadatan. 

"Pada tol Cipali, ada perjumpaan dengan tol Cisumdawu (Cileunyi–Sumedang–Dawuan). Kami bersama-sama dengan Korlantas dan Dinas Perhubungan telah menyiapkan upaya-upaya rekayasa lalu lintas," lanjut Menhub. 

Selain itu, titik-titik kepadatan lain uga akan terus dipantau seperti pelabuhan Ketapang, Banyuwangi dan Gilimanuk, Bali serta Pelabuhan Merak dan Bakauheni. 

Untuk memastikan keselamatan perjalanan, Menhub mengimbau kepada masyarakat agar tidak menggunakan sepeda motor untuk perjalanan jarak jauh dan mengimbau masyarakat memilih moda transportasi massal atau mengikuti program mudik gratis yang diselenggarakan Kemenhub dan pihak lainnya.

Wakapolri Jenderal Agus Andrianto mengatakan, pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 melibatkan 79.000 personel Polri dan 59.000 personel TNI. Apel gelar pasukan Operasi Lilin ini merupakan persiapan awal dalam rangka pengamanan Nataru 2024. 

"Ini harus kita persiapkan dengan baik agar mobilitas masyarakat yang diprediksi meningkat 60% dari tahun lalu bisa betul-betul terlayani dengan kehadiran petugas di lapangan," ujarnya. 

Kegiatan apel ini juga dihadiri oleh Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, Kakorlantas Brigjen Aan Suhanan, dan Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto. (omy)