Jelang Pergantian Tahun Baru, Penjualan Tiket KA dari Daop 1 Jakarta Berangsur Normal Kembali

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 31/Des/2023 13:01 WIB
Penumpang KA di Stasiun Gambir, Jakarta. Foto/dok.KAI Penumpang KA di Stasiun Gambir, Jakarta. Foto/dok.KAI

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Menjelang Tahun Baru 2024 penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen terpantau normal, secara total terdapat sekitar 23.991 tiket terjual untuk keberangkatan hari ini, Ahad (31/12/2023).

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko menjelaskan berdasarkan data penjualan tiket tercatat volume penumpang berangkat pada Jumat (29/12) lalu, merupakan angka volume tertinggi pada masa libur Nataru untuk area Daop 1 Jakarta, total sekitar 42.446 penumpang. 

Baca Juga:
Antisipasi Keterlambatan Penumpang ke Gambir, 12 KA Beroperasional di Jatinegara Khusus Rabu 1 Mei

Untuk keberangkatan hari ini Ahad (31/12) kembali normal, yaitu total sekitar  24.221 penumpang, yang terdiri dari 5.941 penumpang berangkat dari Stasiun Gambir dengan layanan operasional 39 perjalanan KA dan 12.080 penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dengan layanan operasional 34 perjalanan KA. Sedangkan sisanya penumpang berangkat dari Bekasi, Karawang, Cikarang dan stasiun lainnya di wilayah Daop1 Jakarta. 

Menurut Ixfan, data penjualan tiket masih dapat mengalami peningkatan, mengingat penjualan tiket untuk keberangkatan hingga KA terakhir pada hari ini masih dibuka. 

Baca Juga:
Gempa di Garut, KAI Daop 1 Jakarta Setop Sementara 5 Pejalanan KA

Secara keseluruhan total tiket Nataru, yang disediakan dari KAI Daerah Operasi 1 Jakarta (Daop 1Jakarta) selama 18 hari masa Nataru tanggal 21 Des 2023 hingga 7 Januari 2024 sebanyak 772.712 tiket dari jumlah tersebut sampai dengan Ahad (31/12) telah terjual lebih dari 526 ribu tiket.

Sementara jika melihat berdasarkan tanggal yang paling banyak diminati berdasarkan tanggal keberangkatan KA terjadi mulai tanggal 21 s.d 31 Desember 2023, pada kurun waktu 11 hari tersebut dari ketersediaan tiket sebanyak 472.335 sekitar 423.690 telah terjual. 

Baca Juga:
KAI Daop 1 Jakarta Operasikan KA Tambahan Relasi Pasarsenen-Solo Balapan, Ini Jadwalnya!

Sisa tempat duduk hari ini Ahad (31/12) hingga Pekan depan (7/1) masih 217 ribu seat, yaitu 63 persen persen dari kapasitas tempat duduk yang disediakan yaitu 343.530 seat.

KAI berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik dan memesan tiket dari jauh hari sebelum keberangkatan karena tiket KA masa Nataru sudah dapat dipesan mulai 45 hari sebelum jadwal keberangkatan yang dipilih. 

Pelanggan KA yang akan bepergian menggunakan jasa layanan KAI juga dihimbau agar datang lebih awal ke stasiun pemberangkatan minimal 1 jam sebelum keberangkatan KA nya. 

“Masyarakat yang ingin mengetahui ketersediaan tiket dapat melalui jalur online yakni Aplikasi Access by KAI yang dapat diunduh secara gratis di perangkat Android dan iOS. Selain pengecekan ketersediaan tiket Aplikasi Access by KAI juga dapat digunakan untuk pemesanan tiket, perubahan jadwal dan pembatalan tiket. Selain melalui aplikasi pemesanan tiket juga dapat dilakukan melalui agen resmi penjualan online dan retail yang sudah bekerjasama dengan KAI,” kata Ixfan.

Di seluruh stasiun online juga sudah dilengkapi dengan fasilitas mesin CIC (Check In Counter) untuk cetak tiket Boarding pass secara mandiri.

Waktu Check-In Tiket 

Waktu Check-In Tiket dapat dilakukan mulai H-7 x 24 jam sampai dengan h-1 x 24 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api. Untuk waktu check-in 1 X 24 jam sampai dengan sebelum jadwal keberangkatan kereta api maka proses check-in hanya dapat dilakukan di stasiun keberangkatan penumpang atau stasiun antara sesuai relasi tiket kereta api.

"Jika penumpang melakukan pembelian tiket KA melalui Access by KAI dapat menggunakan fitur e-boarding pass yang tersedia di aplikasi tersebut," katanya.

Ixfan menjelaskan bahwa E-boardingpass adalah boarding pass elektronik yang diterbitkan melalui aplikasi Access by KAI mulai dari 2 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api.

"Jika penumpang telah memiliki e-boarding pass maka tidak perlu melakukan proses check-in (cetak boarding pass) di stasiun," pungkas Ixfan.

Untuk informasi lebih lanjut terkait KA Tambahan dan penjualan tiket pada masa Angkutan Nataru, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email [email protected], atau media sosial KAI121. (Fhm)