Bandara Dhoho Kediri Siap Beroperasi Mulai 15 Januari

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 11/Janu/2024 16:29 WIB
Bandara Dhoho Bandara Dhoho


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Bandara Dhoho Kediri siap beroperasi mulai 15 Januari 2024. Nantinya, kehadiran bandara ini akan menjadi bandara internasional yang akan melayani masayarakat di wilayah Selatan Jawa Timur.

Terkait itu, PT Angkasa Pura 1 (Persero), selaku pengelola bandara memastikan bahwa pihaknya telah siap mengoperasikan Bandara Dhoho pada bulan ini. 

Baca Juga:
Sah! Citilink jadi Maskapai Pertama Ramaikan Penerbangan Komersial Reguler di Bandara Dhoho Kediri

Bahkan, telah ada dua slot penerbangan maskapai yang siap melakukan penerbangan dari dan ke Bandara Dhoho Kediri.
 
"Prinsipnya AP1 sudah siap (meresmikan dan mengoperasikan Bandara Dhoho Kediri pada tanggal 15 Januari mendatang). Ada dua maskapai yang sudah mengajukan slot penerbangan," kata Legal, Compliance dan Stakeholder Manager Angkasa Pura (AP) I (Persero), Donny Novanto, saat dihubungi JawaPos.com, Kamis (11/1).

Meski begitu, Dia enggan menyebutkan maskapai mana yang akan melakukan terbang perdana pada 15 Januari mendatang, termasuk rutenya. Bahkan, dirinya pun belum bisa memastikan siapa pejabat negara yang akan meresmikan Bandara Dhoho Kediri.
 
"Soal ini bukan ranah kami untuk memberikan statement. Approval rute ada di kementerian perhubungan, tapi intinya dari sisi AP1 untuk operasional kami sudah siap," katanya.

Baca Juga:
Bandara Dhoho Kediri Memasuki Dikalibrasi, Target Beroperasi Komersial Awal 2024

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengatakan bahwa Bandara Dhoho Kediri akan dioperasikan pada 15 Januari mendatang. Ini menjadi kabar baik, setelah maju mundur perihal kabar operasionalnya.
 
“Insya Allah bandara akan beroperasi pada 15 Januari,” ujarnya.

Waktu operasional ditetapkan seiring dengan sertifikat tanggal operasi komersil (TOK) Bandara Dhoho sudah dikantongi dan diteken oleh Direktorat Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan pada 29 Desember 2023 lalu. 

Baca Juga:
Menhub: Akan Ada Penerbangan Umroh Tahun Depan dari Bandara Dhoho Kedir

Berbagai persiapan terus dilakukan agar operasional Bandar Udara Internasional Dhoho Kediri bisa dilaksanakan pada 15 Januari mendatang. Pemerintah Kabupaten Kediri mengerahkan percepatan perbaikan sarana dan prasarana penunjang bandara.
 
Salah satunya memperbaiki akses jalan menuju bandara. Akses utama dari Tol Kediri-Tulungagung beroperasi sementara masih berupa cor. 

Sementara itu, Pemkab Kediri berfokus merampungkan pengaspalan Jalan PB Sudirman dan saat ini telah menyelesaikan pengaspalan di Jalan Desa Jongbiru.

Selain itu, Pemkab juga telah memastikan akan ada puluhan UMKM yang berjualan di bandara tersebut. UMKM tersebut akan terbagi ke dalam tiga kategori, meliputi craft atau kerajinan tangan, aneka olahan kopi, serta makanan dan minuman. (soleh) 

Tags :