Cara Dapatkan dan Cek Nomor Kursi Kereta Api pada Tiket Online

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 22/Feb/2024 19:20 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Nomor kursi kereta api merupakan informasi tentang nomor dan tempat duduk dari penumpang kereta api. 

Dalam pemesanan tiket kereta api, pada umumnya, penumpang dapat memilih nomor kursi yang tersedia di kereta api tersebut. 

Baca Juga:
Periode Libur Panjang Isra Miraj dan Imlek, KAI Daop 1 Jakarta Sediakan Lebih 138 Ribu Kursi Keberangkatan Penumpang KA

Untuk mengecek nomor kursi pada tiket kereta api, kini dapat dilakukan dengan mudah melalui layanan online. Hal ini memudahkan penumpang untuk mengecek dan memantau jadwal keberangkatan dan nomor kursi mereka sebelum berangkat. 

Keterangan nomor kursi atau nomor tempat duduk kereta api tertera pada tiket kereta api yang telah dipesan, baik pada tiket kereta api online maupun fisik. Lalu, bagaimana cara memilih nomor kursi kereta dan mengeceknya pada tiket online?

Baca Juga:
Kursi KA Ekonomi Dirombak Jadi Bisa Rebah dan Mutar, Tarif Bakal Naik?

Pengguna dapat memilih nomor kursi atau nomor tempat duduk kereta api ketika melakukan pemesanan tiket kereta api, baik secara online maupun offline, Pemilihan nomor kursi atau tempat duduk kereta ini dengan syarat selama masih tersedia.

Berikut langkah-langkahnya:

Baca Juga:
Tiket Kereta Api Nasional Masa Lebaran Terjual 102%, Keberangkatan Besok 1 Mei 2023 Paling Favorit

Cara Pilih Nomor Kursi Kereta Api

• Buka aplikasi Access by KAI dan masuk/login akun

• Lakukan pemesanan tiket kereta api yang diinginkan

• Pilih nomor kursi dilakukan setelah mengisi informasi detail penumpang

• Pada menu "Pilih Kursi" klik simbol edit, lalu pilih nomor kursi yang tersedia

• Jika sudah, maka dapat melanjutkan ke proses berikutnya sampai selesai.

Setelah pemesanan tiket kereta api berhasil, pengguna dapat melakukan pengecekan kembali nomor kursi atau nomor tempat duduk kereta api pada tiket kereta api yang telah dipesan tersebut. Keterangannya terdapat pada tiket online maupun fisik.

Berikut langkah-langkahnya:

Cara Cek Nomor Kursi Kereta Api

  • Buka aplikasi Access by KAI dan masuk/login akun
  • Pada menu "Tiket Saya" pilih tiket yang dipesan untuk dicek nomor kursinya
  • Detail keterangan nomor kursi yang tertera di sebelah keterangan jenis kelas kereta.
  • Sebagai contoh, keterangan menampilkan "Eksekutif 2 / 1 A" artinya bahwa tiket kereta api tersebut untuk kelas kereta eksekutif dan untuk nomor kursi berada pada nomor 1 A.

Sebagai tambahan informasi, ada beberapa jenis kelas kereta api. Mulai dari kelas ekonomi, kelas bisnis, kelas eksekutif, hingga hingga luxury. Adapun terkait jumlah dan tata letak kursi atau tempat duduk berbeda-beda sesuai jenis kelas kereta api.

  • Kelas Ekonomi

Kelas ekonomi adalah kelas yang paling ekonomis dari semua jenis kelas di kereta api. Untuk jumlah kursi pada kereta api kelas ekonomi memiliki 80 hingga 106 kursi dalam satu rangkaian kereta. Kelas ekonomi merupakan kelas kereta api dengan jumlah kursi paling banyak.

  • Kelas Bisnis

Kelas bisnis adalah jenis kelas kereta api di atas kelas ekonomi yang memiliki fasilitas sedikit berbeda dengan kelas eksekutif, yaitu tidak adanya reclining seat. Posisi kursi duduk pada kelas bisnis juga bisa diubah sesuai keinginan penumpang, jika ingin berhadapan dengan kursi di depan atau belakangnya.

  • Kelas Eksekutif

Kelas eksekutif adalah jenis kelas kereta api di atas kelas bisnis. Kelas eksekutif merupakan jenis kelas kereta api yang memiliki kenyamanan lebih di banding kelas ekonomi dan bisnis. Di dalam kereta kelas eksekutif hanya menampung kapasitas 50 penumpang.

  • Kelas Luxury

Luxury adalah jenis kelas kereta api dengan kenyamanan yang lebih. Selain itu, penumpang kelas luxury juga bisa menikmati fasilitas ruang tunggu luxury yang tersedia di beberapa stasiun. Ada dua tipe kereta api luxury yang pernah dikenalkan KAI, yakni kereta luxury atau sleep train generasi pertama dan luxury generasi kedua.
(fhm)