Meriahkan Hari Sampah Nasional, Pertamina Patra Niaga Regional JBB Laksanakan Program `Petrochemical Go Green

  • Oleh : Ahmad

Senin, 26/Feb/2024 22:14 WIB
Foto:istimewa/pertaminajbb Foto:istimewa/pertaminajbb

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Dalam rangka ulang tahun Pertamina Patra Niaga ke 27 di bulan Februari ini yang sekaligus bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional pada 21 Februari, Fungsi Corporate Sales Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat (JBB) melaksanakan program “Petrochemical Go Green” bertema ‘Reduce Carbon Emission, Through Recycle Plastic Waste’ atau Kurangi Emisi Karbon, Melalui Daur Ulang Sampah Plastik pada Selasa (20/2) di Kantor Region JBB, Kramat Raya, Jakarta Pusat.

Baca Juga:
Pertamina Patra Niaga Apresiasi Polres Karawang Ungkap Praktik Pengoplosan Tabung Elpiji

Bekerjasama dengan Plasticpay Teknologi Daurulang, pada kegiatan tersebut terdapat Reverse Vending Machine di mana Pekerja, Konsumen Petrochemical serta Mitra Kerja Pertamina Patra Niaga JBB turut berpartisipasi dengan membawa botol plastik yang dapat dimasukan ke dalam vending machine sehingga peserta mendapatkan poin Rp1.000 yang dapat dikonversi ke dalam beberapa platform. Bagi 100 orang pertama yang dapat menukarkan minimal 5 botol plastik mendapat tambahan hadiah berupa voucher Bahan Bakar Minyak (BBM).

Baca Juga:
Pemberangkatan Jemaah Haji 2024 Dimulai, Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Pastikan Stok Avtur Aman

Region Manager Corporate Sales JBB Pertamina Patra Niaga Gunawan Wibisono mengatakan bahwa kerjasama antara Pertamina Patra Niaga Regional JBB dan Plasticpay Teknologi Daurulang yang menghadirkan vending machines ternyata menarik perhatian Perwira Pertamina Patra Niaga RJBB. Konsep matang yang dimiliki Plasticpay tidak hanya mengedukasi masyarakat namun juga memiliki fasilitas dari Hulu ke Hilir hingga sampai ‘Empowering Program Upcycle Product’ atau memberdayakan produk Upcycle Program dari hasil daur ulang botol plastik.

Memang, dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia tidak terlepas dari penggunaan plastik. Penggunaan plastik kini sebagai bagian integral dari kehidupan modern telah memberikan kontribusi besar pada kemajuan industri dan kenyamanan. Namun plastik sulit untuk didaur ulang karena terbentuk dari rantai karbon panjang yang memerlukan energi besar untuk terurai, menjadikan proses penguraian plastik oleh bakteri sangat lambat.

Baca Juga:
Jalankan Kebijakan Pemerintah, Pertamina Patra Niaga Tegaskan Komitmen Tetap Salurkan Pertalite

Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Regional JBB Eko Kristiawan menambahkan bahwa memproduksi plastik pada saat ini berarti membakar energi fosil dan mengeluarkan Karbon Dioksida (CO2) sedangkan saat ini menjadi perhatian Pertamina dalam melakukan penekanan karbon dioksida untuk dapat berkontribusi dalam mendukung langkah Pemerintah mewujudkan Net Zero Emission.

Program Petrochemical Go Green berhasil mengumpulkan 2.812 botol atau setara 52.58 kilogram atau setara dengan 194.028 gram jejak karbon (CO2) dan diperkirakan 0.83 m2 lahan yang terselamatkan. Harapannya program ini dapat mendukung program Pemerintah dan dapat bersinergi dengan perusahaan swasta untuk mewujudkan Indonesia Hijau ujar Gunawan.

“Program Petrochemical Go Green yang bekerjasama dengan Plasticpay yang merupakan perusahaan pendaurulang plastik ini sejalan dengan Perhatian dan Pemerintah untuk mewujudkan Indonesia menjadi Net Zero Emmision,“ tutup Eko.(ahmad)