Pimpin Wisuda 965 Lulusan STIP Jakarta, Capt. Wisnu: Ayo Cintai Museum Transportasi

  • Oleh : Naomy

Minggu, 10/Mar/2024 10:56 WIB
Wisuda STIP Jakarta di Museum Transportasi TMII Wisuda STIP Jakarta di Museum Transportasi TMII

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Museum Transportasi dapat menjadi sumber pembelajaran serta memberikan nilai untuk generasi muda, yang diharapkan kedepannya dapat memberi kontribusi guna kemajuan transportasi. 

Hal ini disampaikan Pelaksana tugas Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Capt. Wisnu Handoko pada pencanangan Gerakan Cinta Museum Transportasi sekaligus mempimpin Wisuda Perwira transportasi Laut di Museum Transportasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Sabtu (9/3/2024).

Baca Juga:
BPSDMP Sampaikan Duka Mendalam Atas Wafatnya 1 Taruna STIP dan Evaluasi untuk Pembenahan Pola Pengasuhan

"Mari Kita dukung dan ambil bagian dalam Gerakan Cinta Museum Transportasi, jadikan Museum Transportasi sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam setiap kegiatan yang melibatkan peserta yang banyak seperti wisuda dan pelantikan," urainya saat pemukulan lonceng sebagai simbolis Gerakan Cinta Museum Transportasi.

Dia mengajak wisudawan dan keluarga wisudawan untuk berkeliling dan mengabadikan moment dengan berfoto di lingkungan Museum Transportasi TMII sebagai bentuk gerakan cinta museum transportasi.

Baca Juga:
Kekerasan Taruna Berujung Maut di STIP, Senior Diperiksa

"Ayo kita bersatu padu untuk cinta museum transportasi, museum ini menampilkan berbagai moda transportasi yang mengandung nilai sejarah dan perannya dalam perjuangan bangsa. Keberadaan museum ini juga dimaksudkan untuk memberikan informasi sekaligus sebagai tempat rekreasi yang edukatif," ajaknya. 

Saat memimpin Upacara Wisuda Perwira Transportasi Laut Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta yang bertemakan "Beyond the Horizon: Graduates as Champions for Sustainable Maritime Development". 

Baca Juga:
BPSDMP Gelar Diklat Pemberdayaan Masyarakat di Natuna

Dia mengimbau para wisudawan untuk tidak hanya berfokus pada keberhasilan individu, tetapi juga bagaimana dapat berkontribusi bagi pengembangan maritim berkelanjutan sesuai dengan IMO Goals and Action on Maritime Transport System.

"Anda adalah harapan baru bagi masa depan maritim kita. Anda adalah agen perubahan yang akan membawa industri maritim Indonesia menuju ke arah yang lebih baik dengan memegang teguh nilai-nilai PRO-PRESTASI," tambahnya.

Di akhir arahannya, Plt Kepala BPSDMP mengapresiasi para dosen, orang tua, dan pihak-pihak yang mendukung terselenggaranya acara wisuda dan pelantikan perwira transportasi laut lulusan STIP Jakarta.

"Tidak lupa saya ucapkan selamat, kepada seluruh Dosen/Pengajar/Instruktur yang telah hadir pada pagi hari ini dan telah melihat hasil dari proses belajar dari seluruh perjuangan peserta didiknya yang telah dapat diwisuda dan dilepas pada hari ini," tutupnya.

Sementara itu, Ketua STIP Jakarta, Ahmad Wahid, melaporkan bahwa perwira yang di wisuda pada hari ini merupakan Program Diploma IV Pelayaran, Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) dan Pelepasan Ahli Nautika/Teknika Tingkat I, II, III, IV dan V.

"Jumlah wisudawan dan peserta Diklat Pelaut yang mengikuti Pelantikan dan Pelepasan sebanyak 109 wisudawan Diploma IV (D-IV), enam peserta RPL Nautika/Teknika dan 850 peserta Diklat Pelaut Ahli Nautika dan Teknika Tingkat I, II, III, IV dan V. Dengan total peserta mencapai 965 orang," ujar Wahid. (omy)