Kereta Api Jadi Moda Transportasi Angkutan Lebaran yang Paling Diminati, KAI Daop 1 Jakarta Ucapkan Terima Kasih

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 15/Mar/2024 19:39 WIB
Foto/dok.KAI Foto/dok.KAI

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Memasuki hari ke-3 Ramadan tahun 2024, jumlah pemesanan tiket kereta api jarak jauh dari wilayah KAI Daop 1 Jakarta semakin meningkat. 

"Tak lama lagi tradisi pulang kampung halaman atau mudik ke kampung halaman akan tiba waktunya mendekati Lebaran," kata Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko, Jumat (15/3/2024).

Baca Juga:
KAI Daop 1 Jakarta Operasikan 6 KA Tambahan di Momen Libur Panjang Waisak-Akhir Pekan

Ixfan mengungkapkan, ada tahun 2024 ini, momen mudik Lebaran menggunakan moda transportasi Kereta Api masih menjadi yang tertinggi dipilih masyarakat untuk pulang ke kampung halaman.

Dia menyebutkan, berdasarkan survei dari Badan Kebijakan Transportasi yang bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) serta Kementrian Komunikasi dan Informatika, pengguna yang menggunakan jasa angkutan Kereta Api mencapai lebih dari 39 Juta orang atau sekitar 20,3 persen. Di tempat kedua, ada Bus dengan minat masyarakat mencapai 37 Juta atau sekitar 19,4 persen. Kemudian dikuti dengan kendaraan pribadi baik itu mobil atau motor.

Baca Juga:
Penumpang KA dari Gambir dan Pasar Senen Meningkat saat Libur Panjang Waisak-Akhir Pekan

Pada momen Lebaran tahun 2024, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta menyediakan tiket sebanyak 870.113 dengan tiket yang sudah terjual sebanyak 420.750. Selain itu masih ada 416.448 tiket yang masih tersedia pada momen lebaran tahun 2024.

Ixfan mengatakan guna mengakomodir tingginya minat masyarakat yang menggunakan moda transportasi Kereta Api, KAI menyediakan KA Tambahan untuk angkutan Lebaran tahun 2024.

Baca Juga:
Selama Libur Akhir Pekan KAI Daop 1 Jakarta Berangkatkan 146 Ribu Lebih Penumpang

"Untuk lebaran tahun ini KAI Daop 1 Jakarta menyediakan 344 perjalanan kereta api KA tambahan yang sudah dapat dipesan tiketnya melalui aplikasi atau merchant yang bekerjasama dengan KAI, total jumlah KA pada masa angkutan lebaran 2024 yang beroperasi 1.580 KA dengan rata-rata perhari 72 KA," kata Ixfan.

Saat ini KAI daop 1 Jakarta mencatat untuk okupansi penjualan tiket KA angkutan lebaran 2024 mencapai 48 persen, namun jumlah tersebut masih akan terus bertambah terus mengingat puncak arus mudik dan balik sekitar H-2 dan H+3.

Ixfan memperkirakan puncak arus mudik masyarakat yang menggunakan jasa angkutan Kereta Api pada H-2 dan sedangkan puncak arus balil H+3

Selain itu, Ixfan mengucapkan terima kasih kepada masyarakat karena memilih Kereta Api untuk moda transportasi pada lebaran tahun 2024.

"KAI khsusunya KAI Daop 1 Jakarta mengucapkan terima kasih atas tingginya minat masyarakat dalam memilih moda transportasi Kereta Api antar kota, dalam survei pergerakan masyarakat di momen lebaran tahun 2024," ucap Ixfan.

KAI menghimbau kepada masyarakat untuk segera melakukan pemesanan tiket lebaran 2024 dikarenakan akan terus meningkat secara dinamis hingga puncak arus mudik.(fhm)