Jadwal LRT Jabodebek Sabtu 23 Maret, Tarif Promo Terjauh Rp 10.000 Berlaku

  • Oleh : Redaksi

Sabtu, 23/Mar/2024 05:18 WIB
LRT Jabodebek. LRT Jabodebek.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Jadwal LRT Jabodebek dibedakan berdasarkan hari sibuk atau hari kerja dan juga hari akhir pekan atau weekend. Begitupun juga penerapan tarif promo terjauh.

Masyarakat yang hendak beraktivitas di seputaran Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi (Jabodebek) harus mengetahui jadwal keberangkatan LRT yang beroperasi pada hari ini Sabtu, 23 Maret 2024.

Baca Juga:
Jadwal LRT Jabodebek Hari Ini Sabtu 27 April, Weekend Berlaku Tarif Promo Terjauh!

KAI memperpanjang penerapan penambahan waktu layanan LRT Jabodebek mulai Jumat, 1 Maret 2024. 

Sebanyak 44 perjalanan ditambah untuk palayanan pada hari kerja atau weekday. 

Baca Juga:
KAI Berkomitmen Terus Selalu Melaksanakan Penugasan dari Pemerintah

Total saat ini ada 308 jadwal LRT Jabodetabek setiap hari pada weekday.
 
Penambahan jadwal terbaru LRT Jabodetabek membuat waktu tunggu antarkereta atau headway menjadi lebih singkat.

Headway akan menjadi enam menit pada lintas Cawang-Dukuh Atas dan 12,5 menit pada lintas Harjamukti-Cawang serta Jatimulya-Cawang.

Baca Juga:
Jadwal Keberangkatan LRT Jabodebek Hari Jumat 26 April, Tarif Promo Terjauh Berlaku di Jam Berikut!

Keberangkatan paling awal dari Stasiun Jatimulya menuju Stasiun Dukuh Atas adalah pukul 05:22 WIB. Keberangkatan paling awal dari Stasiun Harjamukti menuju Stasiun Dukuh Atas adalah pukul 05:30 WIB. 

Keberangkatan paling akhir dari Stasiun Dukuh Atas menuju Stasiun Jatimulya adalah pukul 22:08 WIB. 

Dan keberangkatan paling akhir dari Stasiun Dukuh Atas menuju Stasiun Harjamukti adalah pukul 22:13 WIB.

Seperti dikutip dari akun resmi LRT Jabodebek, berikut informasi jam jadwal operasional terbaru LRT Jabodebek untuk waktu keberangkatan awal dan keberangkatan akhir dan tarif promo. 

Jam Keberangkatan dari Masing-masing Stasiun pada Sabtu, 23 Maret 2024:

Nah, itulah jadwal keberangkatan pertama dan terakhir LRT Jabodebek di setiap stasiun ujung.

Tarif Promo Terjauh

Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan memperpanjang pemberlakuan tarif promo LRT Jabodebek hingga 31 Maret 2024.

Perpanjangan tarif promo ini sesuai dengan Keputusan Menteri Perhubungan (KM) No 67/2023 tentang Tarif Angkutan Orang Dengan Kereta Api Ringan Terintegrasi di Wilayah Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi Untuk Melaksanakan Kewajiban Pelayanan Publik.

Secara terperinci, tarif LRT pada hari kerja (Senin-Jumat) pada jam sibuk adalah sebesar Rp3.000 untuk 1 km pertama dan maksimal sebesar Rp20.000. Adapun, periode waktu jam sibuk atau peak hours ditetapkan pada pukul 06.00 WIB-08.59 WIB dan mulai pukul 16.00-19.59 WIB.

Selanjutnya, tarif jam non sibuk atau off peak hours pada hari kerja dipatok Rp3.000 untuk 1 kilometer pertama dan maksimal sebesar Rp10.000. Waktu jam non sibuk pada hari kerja ditetapkan pada awal jam operasi hingga pukul 05.59, kemudian pukul 09.00-15.59 WIB, serta pukul 20.00 hingga akhir jam operasi LRT.

Untuk tarif pada hari Sabtu, Ahad, dan libur nasional adalah sebesar Rp3.000 untuk 1 kilometer pertama dan maksimal atau terjauh Rp10.000. 

Masyarakat dapat menggunakan LRT Jabodebek dengan mudah melalui pembayaran nontunai seperti Kartu Uang Elektronik Perbankan (BRI, BNI, Bank Mandiri, BTN, BCA, dan Bank DKI Jakarta), Kartu Multi Trip KAI Commuter, Scan Qris, Link Aja, dan KAI PAY. 

(fhm)