Reksa Dana Indeks BNI Asset Management kini Hadir di Pasar Retail

  • Oleh : Naomy

Senin, 01/Apr/2024 22:33 WIB
Peluncuran produk baru Bibit Peluncuran produk baru Bibit


JAKARTA (BeritaTrans.com) -  PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit.id), aplikasi investasi digital terdepan 
di Indonesia, menjadi tempat on-boardingperdana jajaran reksa dana indeks BNI Asset  Management (BNIAM)di platform digital (fintech). 

Tidak tanggung- tanggung, tiga jenis reksa dana indeks BNI-AM sekaligus on-board di Bibit dan dapat segera dibeli oleh para Investor dengan nominal pembelian hanya Rp10.000 saja.

Baca Juga:
BNI Asset Management Luncurkan Reksa Dana Indeks

Reksa Dana Indeks BNI-AM yang diluncurkan di Bibit adalahproduk reksa dana baru yang merupakan ‘Family Index’unggulan BNI -AM yaitu: BNI-AM IDX –PEFINDO Prime Bank, BNI-AM PEFINDO i-Grade, dan BNI-AM SRI–KEHATI. 

BNI-AM dan Bibit meluncurkan NAB 1.000 Reksa Dana BNI-AM Pefindo i-Grade 1 April dan BNI-AM IDX Pefindo Prime Bank pada  2 April 2024, sedangkan Reksa Dana BNI-AM SRI-KEHATI telah diluncurkan sebelumnya pada 26  Maret 2024.

Baca Juga:
Filosofi ala Bibit: Berinvestasi Senikmat Menyeruput Kopi

"Peluncuran ketiga reksa dana indeks ini menjadi moment yang ditunggu-tunggu oleh para investor retail Bibit yang sudah menantikan produk reksa dana indeks sebagai  alternatif investasi reksa dana yang telah diluncurkan BNI-AM sebelumnya di platform Bibit," ujar Donny Susatio Adjie selaku Plt. Direktur Utama BNIAM di Jakarta, Senin (1/4/2024). 

Peluncuran ketiga reksa dana indeks ini dilakukan dalam acara bertema “Welcome Aboard: BNI AM New Index Funds”. 

Baca Juga:
Ingin Optimalkan Idle Cash Perusahaan? Yuk Cek Bibit Bisnis

Hadir sebagai pembicara dalam acara yang dikemas dengan talkshow ini adalah Suhindarto (Head of Econnomist Pefindo), Doddy Prayogo (Financial Youtuber dengan nama “Doddy Bicara Investasi“) sertaYekti Dewanti(Head of  Investment & Research BNI AM) yang khusus membahas metodologi indexing dan prospek  reksa dana indeks di pasar finansial Indonesia 2024, terutama pasca Pemilihan Umum.

Acara ini turut dihadiri oleh Jajaran Direksi BNI-AM beserta Bibit dandiikuti oleh sekitar 40 nasabah dari Bibit.

“Peluncuran tigareksa dana indeks baru ini melengkapi ‘Family Index’ BNI AM di platformBibit pada tahun 2024," ujar Donny.

Sebelumnya, telah hadir Reksa Dana BNIAM 
Indeks IDX30 (BNI30)dan BNIAM Short Duration Bonds Index Kelas R1. 

Kerja sama dengan 
Bibit ini diharapkan dapat semakin meningkatkan volume transaksi baik berupa Asset Under Management (AUM) dan Number of Account (NoA) investor retail Bibit penggemar reksa 
dana indeks.

”Reksa Dana BNI-AM Pefindo i-Grade merupakan reksa dana berbasis indeks saham yang konstituennya terdiri dari 30 emiten BEI yang berperingkat investment Grade idBBB hingga  idAAA dari Pefindo," ungkapnya. 

Sementara itu, Reksa Dana BNI-AM IDX PEFINDO Prime Bank adalah reksa dana yang terdiri dari 10 saham perbankan dengan peringkat terukur yang menjadi maker 
mover sektor perbankan dan memiliki Konstituen peringkat investment grade idBBB hingga 
idAAA dari Pefindo.

Pada acara ini pula BNI AM memperkenalkan Reksa Dana SRIKEHATI yang telah on boarding beberapa hari sebelumnya kepada para investor High New Worth Individual Bibit yang hadir.

"Reksa Dana Srikehati berisikan 25 saham perusahaan yang menerapkan prinsip ESG dengan baik dinilai berdasarkan ESG Score dari Yayasan Kehati serta didukung dengan fundamental yang solid, terdiversifikasi dalam tujuhsektor yang didominasi oleh sektor finansial,” tambah
Donny. 

Di sisi lain, Hilmawan Kusumajaya, Direktur Bibit menyampaikan  bahwa kesuksesan penjualan Reksa Dana Indeks IDX30 (BNI30) di Bibit sejauh ini mendorong perusahaan untuk  menambahkan tiga varian produk indeks baru yang diterbitkan oleh BNI-AMke dalam jajaran produk reksadana saham yang dijual.

Disamping melengkapi varian produk, menurutnya, langkah ini dapat menjangkau parainvestor yang mempunyai minat pada reksa dana indeks.

“Kami melihat peluang positif pada pasar reksa dana ditahun 2024. Dengan meningkatnya minat investor ritelpada reksa dana passive fundseperti jajaran reksa dana indeks BNI-AM, 
kami berharap agar tiga produk reksa dana indeks inibisa menjadi produk unggulan sebagaimana reksa dana indeks sebelumnya,” tutup Hilmawan. (omy)