Sejumlah Proyek Infrastruktur Transportasi Akan Diresmikan Pada 2024

  • Oleh : Naomy

Rabu, 03/Apr/2024 08:50 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi di DPR Menhub Budi Karya Sumadi di DPR


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan pihaknya memiliki komitmen dalam kebijakan dan prioritas anggaran tahun 2024. Komitmen tersebut diwujudkan melalui pengembangan infrastruktur konektivitas yang produktif, peningkatkan keselamatan dan keamanan sektor transportasi, peningkatan SDM, serta pemerataan pembangunan nasional.  

Kemenhub juga fokus pada pelaksanaan program pro kerakyatan, keberlanjutan program multi years contract (MYC), pemenuhan prioritas nasional (PN) dan proyek strategis nasional (PSN), perencanaan dan pengembangan Ibu Kota Negara (IKN), transportasi massal perkotaan, serta mendorong pemanfaatan energi baru dan terbarukan.

Baca Juga:
Kemenhub Luncurkan Slogan Angleb "Mudik Ceria, Penuh Makna"

"Tahun 2024 merupakan tahun akhir pemerintahan Bapak Presiden Jokowi dan fokus Kementerian Perhubungan pada pencapaian target RPJMN 2020-2024 menjadi prioritas yang harus dilaksanakan," ujar Menhub pada rapat kerja bersama Komisi V DPR di Jakarta, Selasa (2/4/2024). 

Menhub memaparkan, pada periode Januari hingga Maret 2024, ada 16 infrastruktur transportasi yang telah diresmikan, di antaranya delapan terminal Tipe A, tiga pelabuhan, dan lima bandar udara. 

Baca Juga:
Kemenhub Dorong Digitalisasi di Sektor Transportasi

Sedangkan yang akan diresmikan pada tahun 2024 sebanyak 21 proyek, meliputi pembangunan enam pelabuhan penyeberangan dan satu kapal motor penyeberangan, delapan pelabuhan, lima bandar udara, serta pembangunan jalur ganda kereta api.

Proyek-proyek infrastruktur transportasi yang rencananya akan diresmikan tahun ini antara lain Pelabuhan Penyeberangan Pulau Tello, Pelabuhan Donggala. 

Baca Juga:
Kemenhub Susun Rencana Kerja dan Anggaran Tahun 2025

Selanjutnya pengembangan Bandar Udara Sultan Babullah Ternate, Pengembangan Jalur Ganda KA Kiaracondong - Cicalengka, dan Pengembangan Bandar Udara Mandailing Natal. 

"Diharapkan kehadiran infrastruktur transportasi ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dalam meningkatkan mobilitas dan konektivitas antarwilayah sehingga mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan," ujar Menhub. 

Berdasarkan Surat Menteri Keuangan 25 September 2023, pagu indikatif Kementerian Perhubungan Tahun Anggaran 2024 sebesar Rp38,60 triliun. 

Pagu berdasarkan program untuk infrastruktur konektivitas sebesar 67% atau Rp25,92 triliun, dukungan manajemen sebesar 26% atau Rp10,2 triliun, serta pendidikan dan vokasi sebesar 6% atau Rp2,47 triliun. 

Hingga 1 April 2024, capaian realisasi anggaran Kemenhub sebesar Rp6,45 triliun atau mencapai 15,63%. 

Menhub menyampaikan beberapa program kerja Kemenhub pada tahun 2024 berdasarkan unit kerja eselon I, diantaranya dukungan IKN dan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional, dukungan Buy The Service, layanan keperintisan angkutan di semua sektor transportasi termasuk tol laut dan jembatan udara, peningkatan dan pemenuhan sarana prasarana transportasi, serta pendidikan dan pelatihan vokasi sektor transportasi.

Ketua Komisi V DPR, Lasarus meminta Kemenhub mempercepat realisasi program dan kegiatan Tahun Anggaran 2024, dengan mengedepankan aspek transparan, akuntabel, dan bermanfaat bagi masyarakat.

"Komisi V DPR juga memberikan apresiasi atas opini Wajar Tanpa Pengecualian sebanyakn10 tahun berturut-turut," ungkapnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Inspektur Jenderal Arif Toha, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Hendro Sugiatno, Direktur Jenderal Perkeretaapian Risal Wasal, dan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Capt. Antoni Arif Priadi. (omy)