Patroli Satpolairud Polres Kepulauan Seribu: Giat Dialogis di Laut, Imbau Keselamatan Nelayan, dan Antisipasi Kejahatan

  • Oleh : Ahmad

Sabtu, 13/Apr/2024 14:16 WIB
Foto:Humas Polres Kepulauan Seribu Foto:Humas Polres Kepulauan Seribu

Jakarta (BeritaTrans.com) - Dalam upaya menjaga keamanan dan keselamatan di perairan Kepulauan Seribu, Patroli Satpolairud Polres Kepulauan Seribu menggunakan Kapal Patroli KP. VII - 40 - 203 melaksanakan kegiatan patroli laut dialogis pada Sabtu (13/04/2024).

Giat patroli ini bertujuan untuk memberikan himbauan kamtibmas kepada para nelayan, menjaga keselamatan, serta mengantisipasi tindak kejahatan di laut.

Baca Juga:
Polsek Kepulauan Seribu Selatan Amankan Dermaga Pulau Pari: Pencegahan Gangguan Kamtibmas dan Ancaman Narkoba

Kasat Polairud Polres Kepulauan Seribu, AKP Dasiman, menyampaikan pentingnya keselamatan bagi para nelayan, dengan memberikan himbauan tentang penggunaan life jacket atau pelampung saat beraktivitas di laut. "Kami mengajak seluruh nelayan untuk menggunakan life jacket sebagai langkah preventif dalam menghindari risiko kecelakaan di laut," ujar AKP Dasiman.

Selain itu, dalam patroli ini juga dilakukan antisipasi terhadap tindak kejahatan di laut, dengan menghimbau masyarakat untuk tidak melakukan illegal fishing atau penangkapan ikan secara ilegal. "Jika menemukan kejadian yang mencurigakan atau tindak kejahatan di laut, segera laporkan kepada pihak kepolisian untuk penanganan lebih lanjut," tambah AKP Dasiman.

Baca Juga:
Patroli Malam Perintis Presisi Polsek Kepulauan Seribu Selatan: Waspada Hoax, Jaga Persatuan Pasca Pemilu 2024

Para nelayan juga diingatkan untuk selalu waspada terhadap kondisi cuaca buruk, serta disarankan untuk menyediakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) sebagai langkah pencegahan terhadap kemungkinan kebakaran di atas kapal. "Kami mengimbau agar seluruh masyarakat selalu menjaga kamtibmas agar tetap aman dan kondusif, sehingga wisatawan dapat merasa nyaman dalam menikmati keindahan Kepulauan Seribu," tutup AKP Dasiman.

Dengan adanya patroli dialogis ini, diharapkan dapat tercipta situasi yang aman dan kondusif di perairan Kepulauan Seribu, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya keselamatan dan keamanan bagi seluruh masyarakat yang beraktivitas di laut.(ahmad) 

Baca Juga:
Bhabinkamtibmas Pulau Lancang Sambangi Tokoh Masyarakat Usai Pemilu 2024