Kebakaran Kapal MV Layar Anggun 8 di Perairan Tanjung Berakit Berhasil Diselamatkan Tim KPLP

  • Oleh : Naomy

Kamis, 18/Apr/2024 10:37 WIB
Tim KPLP selamatkan kapal terbakar Tim KPLP selamatkan kapal terbakar


TANJUNG UBAN (BeritaTrans.com) - Insiden kebakaran melanda Kapal MV. Layar Anggun 8 berbendera Zanzibar dengan nomor register IMO.8859378 di sekitaran Perairan Tanjung Berakit, Rabu (17/4/2024). 

 Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui pasukan Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) yang merupakan Sea and Coast Guard Indonesia, segera bergerak cepat menyelamatkan kapal tersebut.

Baca Juga:
Kemenhub Fasilitasi Mudik Gratis dari Pelabuhan Celukan Bawang ke Kepulauan Raas

Direktur KPLP Jon Kenedi mengungkapkan, informasi awal diterima dari Coast Guard  Singapore yang menyampaikan bahwa 12 kru kapal tersebut yang terdiri dari 11 WNI dan satu warga Bangladesh meninggalkan kapal dan ditolong oleh Coast Guard Singapore. 

Saat ditinggalkan kapal tersebut masih dalam keadaan mesin induk hidup dan mengarah ke Tanjung berakit dan kandas.

Baca Juga:
Ditjen Hubla Gelar Pelatihan Boarding Officer bagi Awak Kapal Patroli

"Setelah mendapat informasi, Kepala Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Tanjung Uban langsung mengerahkan tim penyelamat untuk mengevakuasi Kapal MV. Layar Anggun 8 dan segera melakukan tindakan penyelamatan sejak pukul 04.30 WIB. Kapal patroli yang dikerahkan yaitu kapal patroli KPLP KN. Rantos - P.210, KN. Sarotama - P.112, dan koordinasi bersama KRI Lepu 861 siaga untuk mengawasi dan mengamankan kapal yang terbakar," urai Jon, Kamis (18/4/2024).

Upaya penyelamatan terus berlanjut hingga pukul 08.00 WIB, ketika rubber boat KN.Rantos - P.210 dan KN.Sarotama - P.210 memulai proses pemadaman bara api yang masih berkobar di kapal menggunakan Pompa Alcon.

Baca Juga:
Posko Angkutan Laut Nataru Resmi Ditutup

Pada pukul 08.00 WIB, pasukan KPLP mulai melakukan upaya pemadaman bara api yang masih menyala di kapal menggunakan Pompa Alcon. 

Upaya ini dilakukan dengan sigap dan determinasi tinggi. Pada pukul 11.00 WIB, bara api berhasil dipadamkan rubber boat KN.Rantos - P.210 dan KN.Sarotama - P.112.

"Keberanian dan ketangguhan anggota KPLP selaku sea and coast guard berhasil memadamkan bara api pada Kapal tersebut," ungkapnya.

Meskipun demikian, proses pendinginan masih berlanjut hingga pukul 12.30 WIB dengan dukungan dari rubber boat KRI Lepu 861, yang turut membantu dalam proses tersebut.

"Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mengapresiasi kerja keras dan dedikasi pasukan KPLP selaku Sea and Coast Guard dalam menangani insiden kebakaran Kapal MV. Layar Anggun 8. Kehadiran mereka di lapangan menegaskan komitmen kami untuk menjaga keselamatan dan keamanan pelayaran di perairan Indonesia," tutur dia. 

Tidak hanya pasukan KPLP, DJPL juga mengapresiasi kerja sama dari unsur lain yang terlibat dalam penanganan kebakaran di antaranya KRI Lepu 861, TNI AL Pos Tanjung Berakit, dan nelayan sekitar.

"Proses penyelamatan ini menunjukkan koordinasi yang baik antara berbagai lembaga yang terlibat dalam menjaga keamanan maritim, dan menjadi bukti nyata bahwa solidaritas dan kerjasama adalah kunci dalam menghadapi situasi darurat di laut," tutup Jon. (omy)