Arus Mudik Lebaran, 79.000 Kendaraan Lintasi Jalan Tol Sigli-Banda Aceh

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 18/Apr/2024 23:10 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

BANDA ACEH (BeritaTrans.com) - Dalam rentang waktu 3 hingga 16 April 2024, PT Hutama Karya Persero (HK) mencatat adanya lonjakan jumlah kendaraan yang melintasi jalan tol Sigli-Banda Aceh.

Tercatat, sebanyak 79.000 kendaraan telah menggunakan jalan tol ini, menandai peningkatan hingga 88 persen dari Volume Lalu Lintas (VLL) yang biasanya terjadi.

Baca Juga:
221 Ribu Kendaraan Gunakan Jalan Tol Cipali Saat Libur Panjang Akhir Pekan

Branch Manager Jalan Tol Sigli-Banda Aceh, Totok Masyadi, mengungkapkan pada Rabu (17/4/2024) bahwa puncak arus mudik tercatat pada 10 April 2024, dengan 4.413 kendaraan yang melintas, melebihi dari VLL normal.

"Puncak arus balik pada 14 April 2024 mencatat angka yang lebih tinggi, dengan 10.380 kendaraan atau 168?ri VLL normal. Kendaraan Golongan I mendominasi lalu lintas dengan persentase mencapai 98 %," ujarnya.

Baca Juga:
Volume Kendaraan Jalan Tol Jakarta Cikampek Naik di Hari Libur Isra Miraj-Imlek

Untuk mengatasi peningkatan trafik ini, HK telah mengambil langkah-langkah proaktif untuk mempercepat transaksi dan mengurangi kemungkinan antrian panjang di gerbang tol.

Pengguna diimbau untuk memastikan saldo Uang Elektronik (UE) mereka cukup sebelum memasuki gerbang tol.

Baca Juga:
48.000 Kendaraan Lintasi Tol Fungsional Kuala Bingai-Tanjung Pura Selama Nataru

HK juga telah menyiapkan petugas layanan transaksi untuk membantu proses tapping, menyediakan fasilitas top-up asongan, dan mengatur lajur kendaraan berdasarkan saldo UE untuk memperlancar lalu lintas.

Selain itu, HK juga aktif melakukan sosialisasi kepada pengendara tentang pentingnya kecukupan saldo UE melalui pengumuman di public address di setiap gerbang tol.

Pengendara yang akan keluar di gerbang tol dengan antrian panjang diarahkan untuk melakukan top-up di semua GT entrance.

"Dalam rangka Lebaran, HK juga menyelenggarakan operasi simpatik di GT Blang Bintang dan GT Seulimeum, menyebarkan informasi tentang keselamatan berkendara dan memberikan bingkisan berupa leaflet dan snack kepada pengguna jalan," paparnya.

Totok juga menekankan pentingnya keselamatan dengan menghimbau pengguna jalan untuk berhati-hati, mengurangi kecepatan saat hujan, dan bagi masyarakat sekitar untuk menjaga hewan ternak mereka agar tidak memasuki area tol.

HK juga telah mengoperasikan 48,5 Km jalan tol baru di Provinsi Aceh untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran tahun 2024.

Pengguna jalan diingatkan untuk mematuhi aturan dan tata tertib yang berlaku, termasuk batas kecepatan 60 – 100 km/jam, menjaga jarak aman, dan memastikan kendaraan tidak Over Dimension dan Over Load (ODOL). 

Pihaknya juga menyarankan penggunaan satu kartu UE untuk satu kendaraan dan memastikan saldo cukup sebelum memasuki gerbang tol.(fhm)