Plt Kepala BPSDMP Tekankan Pentingnya Transportasi Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan

  • Oleh : Naomy

Rabu, 22/Mei/2024 20:10 WIB
Seminar di PIP Semarang Seminar di PIP Semarang

SEMARANG (BeritaTrans.com) - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan melalui Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang menggelar Seminar Nasional Transportasi  dan Keselamatan "Saintifik". 

Kegiatan dibuka Plt Kepala BPSDMP Subagio secara daring, Rabu (22/5/2024) 

Baca Juga:
BPSDMP Sampaikan Duka Mendalam Atas Wafatnya 1 Taruna STIP dan Evaluasi untuk Pembenahan Pola Pengasuhan

Dia menyampaikan pentingnya transportasi ramah lingkungan dan peningkatan keselamatan sebagai prioritas utama di bidang transportasi. 

"Gagasan dan solusi terbaik dapat diperoleh melalui seminar seperti ini, hal ini merupakan salah satu upaya untuk mengurangi emisi dan meningkatkan keselamatan transportasi yang terpadu, terintegrasi, sistemik, proaktif dan tepat sasaran," katanyam 

Baca Juga:
BPSDMP Gelar Diklat Pemberdayaan Masyarakat di Natuna

Pergerakan Barang dan jasa semakin pesat yang menyebabkan peningkatan emisi dari sektor transportasi.

Oleh karena itu, perhatian pada sektor ini harus mendapat prioritas untuk mengurangi emisi melalui berbagai solusi transportasi ramah lingkungan. 

Baca Juga:
BPSDMP Siap Cetak SDM Transportasi ASDP Unggul dan Kompeten

Seminar ini juga bertujuan meningkatkan iklim akademik dan kompetensi dosen sebagai bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi. Selain itu kegiatan ini juga dapat menjadi dukungan penuh dalam meningkatkan kapasitas dan karir dosen menuju pencapaian guru besar.

"Saya yakin peningkatan kompetensi dosen akan berdampak pada mutu pendidikan, maka saya berikan dukungan penuh kepada dosen untuk peningkatan kapasitas dan karir dosen,” imbuhnya. 

Hal tersebut dapat didukung bila perguruan tinggi lebih adaptif dalam melakukan transformasi kurikulum sesuai kebutuhan nasional dan global.

"Serta para dosen dan peneliti dapat meningkatkan kualitasnya juga mengimplementasikan penelitiannya, lebih lanjut diharapkan melalui seminar nasional ini dapat bertukar pengetahuan mengenai transportasi dan keselamatan "saintifik"," ungkap dia.

Subagio mengapresiasi dan berharap melalui seminar ini dapat memberikan pemahaman yang komprehensif dalam bidang transportasi, perlindungan lingkungan untuk membangun ekosistem transportasi berkelanjutan yang cerdas dan ramah lingkungan menuju industri maritim berkelanjutan. 

Sementara itu Wakil direktur PIP Semarang, Dr. Agus Tjahyono menyampaikan bahwa dari kegiatan seminar nasional ini telah didapatkan 64 makalah dengan tema transportasi berkelanjutan

Di antaranya adalah Analisis Penyebab Kebocoran pada Cylinder Liner No.3 Generator No.3 pada MV Meratus Kelimutu, Analisis Terjadinya Masalah Rusaknya Gear Coupling Pada Pompa Ballast MT. Sungai Gerong, Analisis Kerusakan Exhaust Valve Main Engine Kapal OMS BROMO.

Seminar Nasional ini menghadirkan empat Narasumber, yaitu Direktur Jenderal Perhubungan Laut Dr. Capt. Antoni Arif Priadi, yang memaparkan mengenai Transportasi Laut Negara Kepulauan: Tantangan dan Harapan Menuju Indonesia Emas 2045, Kepala Pusat Pengelolaan Transportasi Berkelanjutan Dr.bCapt Tri Cahyadi dengan paparan Transportasi Ramah Lingkungan, Inklusif dan Berkelanjutan.

Guru Besar Universitas Indonesia, Prof. Sunaryo memaparkan Transportasi Laut dan Ramah Lingkungan dan Guru Besar Universitas Gadjah Mada Prof. Sigit Priyanto, sampaikan tema paparan Sustainable Transportation Towards Safe Maritime Planning. (omy)