Sambut Hari Raya Idul Adha 1445 H, KAI Daop 1 Jakarta Salurkan 11 Ekor Sapi Kurban

  • Oleh : Redaksi

Selasa, 11/Jun/2024 20:52 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT KAI Daop 1 Jakarta menyalurkan bantuan dana Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat sekitar wilayah operasional Daop 1 Jakarta. Hal itu sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan di sekitar wilayah operasional Daop 1 Jakarta.

Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendri Wintoko menyampaikan bahwa pada moment Hari Raya Idul Adha 1445 H bantuan TJSL program Bina Lingkungan Daop 1 Jakarta diberikan kepada Yayasan Cipta Madani, Bekasi berupa 11 ekor sapi kurban senilai Rp. 220.000.000,- (Dua ratus dua puluh juta rupiah).

Baca Juga:
Awas Macet di Seputaran Monas! 13 Jadwal Kereta Api dari Beroperasional di Stasiun Jatinegara Khusus Hari Ini

Ixfan menambahkan penyerahan bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Deputy Executive President Bidang Pelayanan dan Komersial PT KAI Daop 1 Jakarta, Ali Afandi di Hall Utara Kantor Daop 1 Jakarta, Selasa (11/6/2024).

Lebih lanjut, Ixfan menjelaskan bahwa bantuan TJSL yang diberikan PT KAI Daop 1 Jakarta terbagi menjadi 3 yaitu Pogram Bina Lingkungan, Program Kemitraan dan program Community relations.

Baca Juga:
Stasiun Jatinegara Layani Naik Penumpang KA Jarak Jauh Khusus Minggu 23 Juni 2024

“Program Bina Lingkungan adalah program pemberdayaan kondisi sosial masyarakat yang disalurkan dalam bentuk bantuan bencana alam dan bencana non alam sedangkan program kemitraan adalah bantuan yang disalurkan dalam bentuk pinjaman modal usaha kepada pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) meliputi 7 sektor yaitu sektor Industri, perdagangan, pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, dan jasa yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri. Sedangkan, program community relation adalah bantuan yang diberikan berupa sponshorshif yang benefitnya berhubungan dengan kegiatan sosial lingkungan, ekonomi, pendidikan, keagamaan, kesehatan, hukum dan tata kelola yang diberikan kepada komunitas internal perusahaan (Railfans), komunitas masyarakat dan komunitas non media,” ujar Ixfan.

Sebelumnya, tercatat pada tahun 2022 PT KAI Daop 1 Jakarta telah menyalurkan dana bantuan TJSL program Bina Lingkungan sebesar Rp. 1.185. 698.837,- dan program Kemitraan sebesar Rp. 280.000.000,-. Selanjutnya, pada tahun 2023 melalui program Bina Lingkungan disalurkan sebesar Rp. 1.741.356.400,- dan di tahun 2024 hingga awal Juni ini sebesar Rp. 305.869.500,-. (Pada tahun 2023 dan 2024 program Kemitraan sudah tidak ada penyaluran dikarenakan bekerja sama dengan PT BRI (Persero) Tbk. sehingga pengajuan dan permohonan program Kemitraan PT BRI (Persero) Tbk.). Jadi, pada 3 tahun terakhir ini KAI Daop 1 Jakarta telah menyalurkan bantuan dana TJSL sebesar Rp. 3.232.924.737,-.

Baca Juga:
Puncak Arus Balik Kereta Api Hari Ini, 38 Ribu Lebih Penumpang Menuju Jakarta

“Kami berharap dengan diberikannya bantuan ini, semoga dapat membantu masyarakat di wilayah operasional Daop 1 Jakarta dan semakin mempererat hubungan baik antara perusahaan dengan masyarakat sekitar guna menunjang kelancaran operasional perjalanan kereta api. Hubungan baik antara perusahaan dengan masyarakat sekitar wilayah operasional sangat kami butuhkan, untuk mendukung proses bisnis perusahaan," tutup Ixfan.(fhm)