Ini Penyebab Bilasan Toilet Pesawat Bersuara Besar

  • Oleh : Redaksi

Senin, 30/Nov/2020 16:32 WIB


BEKASI (BeritaTrans.com) - Tidak dapat dibantah bahwa suara toilet yang menyiram di pesawat sangat memekakkan telinga. 

Mengingat sistem ventilasi pesawat dan mesin yang digabungkan sudah memberikan kebisingan cukup untuk meredam percakapan tingkat berbicara normal, Namun fakta memperlihatkan bahwa siraman toilet menembus suara-suara ini dan dapat didengar di tengah kabin.

Baca Juga:
Toilet Rusak, Pesawat Hawaiian Airlines Putar Balik ke Korea Selatan

Persoalannya mengapa toilet flush jauh lebih keras daripada toilet rumah tangga pada umumnya?

Menurut The Points Guy, toilet pesawat modern ditemukan oleh James Kemper, yang mematenkan toilet vakum pada tahun 1975. Penemuan ini kemudian dipasang pada pesawat Boeing pada tahun 1982. 

Baca Juga:
Vaping di Pesawat, Pria Dilarang Naik Maskapai Spirit Airlines Seumur Hidup

Alih-alih menggunakan kombinasi konvensional air dan gravitasi, vakum digunakan untuk memindahkan air dan limbah dengan kecepatan tinggi ke tangki limbah. 

Menurut CBC, konten yang dibilas dapat bergerak dengan kecepatan tinggi hingga 150 meter per detik - atau 300 mil per jam!

Baca Juga:
Sepanjang 2015, Kemenhub Temukan 20 Kasus Tindak Pidana Penerbangan

Toilet pesawat juga dilapisi dengan lapisan anti lengket untuk memastikan mangkuk benar-benar kosong.

Turun ke Tangki Limbah

Seperti yang Anda ketahui, kabin penumpang pesawat bertekanan ke ketinggian yang lebih rendah. Sistem toilet pesawat memiliki katup yang menjaga perbedaan tekanan tersebut. Setelah dibilas, katup terbuka, lalu limbah ini disedot ke tabung yang mengisi tangki.

Tergantung pada ukuran pesawat, ada satu atau lebih tank yang terletak di bagian belakang pesawat, di bawah lantai. Toilet terhubung ke tangki ini melalui pipa yang dipasang sampai ke ujung pesawat. 

Oleh karena itu, setiap kali seseorang di depan di kelas satu atau kelas bisnis melakukan flush, konten tersebut dipindahkan dengan kecepatan tinggi ke bagian belakang pesawat.

Pembuangan Limbah 

Sebagian waktu yang dihabiskan pesawat di gerbang bandara biasanya mencakup pengosongan tangki limbah. Foto: mnts melalui Wikimedia Commons

Mungkin juga tidak membantu bahwa Anda biasanya menutup pintu toilet saat Anda menekan tombol untuk menyiram mangkuk. Karena gelombang suara hanya memiliki sedikit tempat untuk dituju, ini pasti akan meningkatkan aliran suara saat mereka memantul di sekitar ruang terbatas.
 

Sumber: simpleflying.com.