50.317 Bus Siap Hadapi Libur Angkutan Nataru

  • Oleh : Naomy

Rabu, 02/Des/2020 12:20 WIB
FGD Rencana Operasional Menjelang Libur Nataru, Rabu (2/12/2020) (ist) FGD Rencana Operasional Menjelang Libur Nataru, Rabu (2/12/2020) (ist)

BALI (BeritaTrans.com) - Sebanyak 50.317 unit bus siap hadapi libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) di 105 Terminal.

Rangkaian kesiapan sarana dan prasarana moda transportasi darat terua digenjot dan disempurnakan dengan ramp check kendaraan untuk meyakinkan kelaikan armada.

Baca Juga:
Terminal Kepuhsari Jombang Hanya Berangkatkan Sedikit Bus saat Libur Panjang

Menurut Kasi Angkutan Masal Perkotaan Direktorat Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan Hadi SP, ramp check dilakukan oleh Direktorat Sarana melibatkan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) seluruh Indonesia.

"Ramp Check dilakukan pada bus AKAP (antar kota antar propinsi) dan pariwisata," ujar Hadi dalam Focus Grup Discussion (FGD) FGD Rencana Operasional Menjelang Libur Nataru di Bali, Rabu (2/12/2020).

Baca Juga:
Lika-Liku Perjalanan Bus ALS Bekasi ke Medan, Lalui Lintas Tengah Sumatra Berhari-Hari

Kata dia, dalam pelaksanaan angkutan Nataru, ada beberapa lokasi yang menjadi perhatian khusus. Diantaranya Puncak (Bogor), Cileunyi-Nagrek-Limbangan, Tol Jakarta-Cikampek, Area penyeberangan Merak-Bakauheuni, Gt Kalikangkung, dan arH penyeberangan Ketapang-Gilimanuk.

Seperti libur panjang lainnya, seluruh Jembatan Timbang akan ditutup dan dialokasikan sebagai tempat peristirahatan (Rest Area) pengguna jalan.

Baca Juga:
Sopir Jaklingko dan Pengurus Bus AKAP Cekcok di Terminal Lebak Bulus, Begini Kronologinya

"Nanti juga akan diterjunkan tim monitoring," ungkapnya. (omy)