Melihat Terminal Amplas Medan yang Tengah Direvitalisasi

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 03/Janu/2021 13:09 WIB
Terminal Amplas Kota Medan mulai dilakukan proses revitalisasi, Rabu (30/12/2020). Terminal Amplas Kota Medan mulai dilakukan proses revitalisasi, Rabu (30/12/2020).

MEDAN (BeritaTrans.com) - Terminal Amplas, Medan, Sumatera Utara, sedang tahap proses pengerjaan pembangunan penataan kembali.

BeritaTrans.com dan Aksi.id melihat di lokasi, pekerja tengah memasang pagar seng alumunium sebagai sekat lahan pengerjaan proyek.

Baca Juga:
Ini Perbedaan Tugas Sopir 1 dan Sopir 2 di Bus AKAP

Pemasangan pagar itu terlihat juga dilakukan di area luar terminal dan di kawasan dalam terminal, sebagai penyekatan antara bangunan atau sarana lama, yang saat ini masih digunakan dan sarana baru.

Baca Juga:
Libur Nataru Usai, Harga Tiket Bus AKAP Kembali Turun

Pelataran angkutan dalam kota maupun luarkota masih digunakan seperti biasanya. Sejumlah warung dengan berbahan kayu dan beratapkan tenda masih terlihat tidak beraturan dan masih membuat kumuh terminal tersebut.

Baca Juga:
Penumpang Bus Arah Sumatra Ramai di Terminal Bekasi

Bangunan gerai-gerai tampak beberapa sudah lama tidak digunakan. Bangunan ada beberapa juga tampak rusak, seperti tangga naik area kantor terputus.

Pada jalan masuk terminal aspalnya juga tampak berlubang, terlihat rumput tanaman liar dan tumpukan sampah disejumlah titik pelantaran terminal.

Sejumlah angkutan kota atau angkot masih beroperasi. Dan terlihat juga bus antar kabupaten masih beroperasi. Namun, tidak tampak deretan atau loket bus antarpropinsi.

Ada pula bus dalam kota yaitu Teman Bus atau Transmetrodeli, terparkir untuk bergantian keluar masuk terminal lama tersabut, yang dulunya sangat terkenal.

Direncanakan pengerjaan Revitalisasi Terminal Amplas menelan dana sebesar Rp 45 miliar dengan skema Multi Years Contract (Kontrak Tahun Jamak). Tujuannya untuk membuat kota metropolitan ini mempunyai angkutan massal yang masif, bagus dan signifikan, mendukung mobilitas warganya.

Sebelumnya peletakan batu pertama (ground breaking) Revitalisasi Terminal Type A Amplas oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, di Medan, 8 November 2020.

Pembangunan terminal rencananya dikerjakan selama dua tahun dengan konsep multifungsi dan terintegrasi dengan pusat perekonomian seperti : Mall, Hotel, dan sebagainya, serta sistem pembelian tiket secara elektronik.

Revitalisasi Terminal Penumpang Tipe A Amplas Kota Medan dilaksanakan dalam 3 tahap mulai tahun 2020 s/d 2022 dengan konsep mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 132 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Terminal Penumpang Angkutan Jalan.(fahmi)