Pakai Airbus A350, Qatar Airways Terbang Perdana ke Arab Saudi setelah 3,5 Tahun

  • Oleh : Redaksi

Selasa, 12/Janu/2021 00:12 WIB
Penerbangan Qatar Airways dari Doha ke Riyadh dioperasikan oleh pesawat beregister A7-ANP yakni Airbus A350-1000 yang berusia satu tahun. Penerbangan Qatar Airways dari Doha ke Riyadh dioperasikan oleh pesawat beregister A7-ANP yakni Airbus A350-1000 yang berusia satu tahun.

RIYADH (BeritaTrans.com) - Setelah sekitar 3,5 tahun,  pesawat Qatar Airways terbang kali pertama  ke Arab Saudi. Penerbangan menggunakan Airbus A350 itu melayani  Doha-Riyadh.

Belakangan ini memang banyak perkembangan positif dalam lalu lintas udara di Timur Tengah. Tahun lalu, salah satu kisah besarnya adalah bahwa koridor udara langsung telah dibuka antara Israel dan UEA, dipermudah dengan izin penerbangan dari Arab Saudi. Kini, Arab Saudi juga telah mengakhiri blokade terhadap Qatar, membuka banyak pintu bagi Qatar Airways.

Baca Juga:
72 Petenis Dunia Jalani Karantina 2 Minggu di Australia setelah Covid-19 Terdeteksi di Penerbangan ke Melbourne

Menyusul berakhirnya blokade Qatar Arab Saudi, Qatar Airways pada Senin (11/1/2021) melanjutkan koneksi langsungnya ke Riyadh, ibu kota Arab Saudi.

Penerbangan hari ini dioperasikan oleh pesawat beregister A7-ANP yakni Airbus A350-1000 yang berusia satu tahun.

Baca Juga:
Mesir Buka Lagi Wilayah Udara untuk Penerbangan Qatar

Minggu lalu maskapai ini mulai terbang melalui wilayah udara Arab Saudi sekali lagi. Qatar Airways memiliki kebiasaan menggunakan Airbus A350 untuk penerbangan khusus, seperti pendaratan pertama di landasan baru di Bandara Berlin Brandenburg.

Penerbangan Qatar Airways QR1164 berangkat dari Doha pada 14:01 sore ini, menurut FlightRadar24.com. Dengan jarak lingkaran yang sangat jauh ke Riyadh di bawah 500km, pesawat terbang selama satu jam tiga menit, mendarat di Riyadh pada pukul 15:04.

Baca Juga:
Qatar Airways Pensiunkan Setengah Pesawat Airbus A380

Qatar Airways, Saudi Arabia, RiyadhPenerbangan pertama Qatar Airways ke Riyadh berlangsung selama satu jam tiga menit. Foto: FlightRadar24.com

Seperti diketahui, Qatar Airways suka menggunakan Airbus A350 untuk penerbangan pavorit. Ini tampaknya juga dipertontonkan dalam penerbangan pertama ke Riyadh.

Menurut FlightRadar24.com, rute tersebut akan dioperasikan oleh Boeing 777 yang bergerak maju.

Qatar Airways akan mengoperasikan rute tersebut setiap hari. Dua penerbangan ditetapkan ke rute tersebut, dengan hanya satu yang dijadwalkan per hari. QR1164 direncanakan berangkat dari Doha pada 14:05.

Sementara itu, QR1168 dimaksudkan untuk meninggalkan Doha pukul 18:35 pada hari-hari di mana penerbangan lainnya tidak dijadwalkan.

(jasmine/sumber: simpleflying.com).

Tags :