Pesawat A330-200 Qantas Alihkan Pendaratan karena Alami Penurunan Tekanan Udara di Kabin

  • Oleh : Redaksi

Jum'at, 05/Feb/2021 09:58 WIB


ADELAIDE (BeritaTrans.com) - Pesawat A330-200 Qantas  Airlines, yang terbang dari Sydney ke Perth, dialihkan ke Adelaide pada hari Kamis menyusul insiden depressurization (penurunan tekanan udara dalam kabin pesawat).

Pnerbangan sedang menuju ke Great Australia Bight ketika insiden itu terjadi, yang yang mengharuskan penurunan darurat dan pengalihan ke Adelaide.

Baca Juga:
Penumpang Gelap Sembunyi di Roda Pesawat Airbus A330-200 KLM Tewas setelah 7 Jam Penerbangan

Simon Hradecky pertama kali melaporkan kejadian itu di The Aviation Herald. Menurut laporan tersebut, VH-EBK mengoperasikan QF583 dari Sydney ke Perth.

Penerbangan itu berangkat pukul 19:40 dari Sydney. Pada Kamis malam, QF583 berjalan jauh di belakang jadwal.

Baca Juga:
Dari Kapal Laut, CMA CGM Ekspansi ke Kargo Udara, Cek Video Pelayanannya

Pesawat baru berangkat pukul 22.36 waktu setempat. Menurut data pelacakan penerbangan, pesawat berada sekitar dua jam 20 menit setelah penerbangan dan meluncur pada ketinggian 12.150 meter saat peristiwa depressurization terjadi.

Depressurization terjadi hampir dua setengah jam setelah penerbangan
VH-EBK, lebih dikenal oleh sebagian besar pelanggan tetap Qantas sebagai Savannah Way, memasuki layanan dengan Qantas pada tahun 2008.

Ini adalah insiden pertama yang dilaporkan yang melibatkan pesawat. A330 adalah penerbangan reguler Qantas antar benua antara kota-kota pantai timur Australia dan Perth.

Qantas saat ini telah menerbangkan  11 dari 28 Airbus A330 . Selain mengoperasikan penerbangan ke Perth, A330 tetap sibuk menjalankan penerbangan kargo ke Asia.

Situs web pelacakan penerbangan menunjukkan VH-EBK berada sekitar 700 kilometer barat daya Adelaide, setelah melintasi garis pantai dan menuju ke Bight tepat di utara Gunung Gambier.

Seorang juru bicara Qantas mengatakan kepada Simple Flying bahwa pilot menerima indikasi peringatan tekanan kabin dan mengikuti prosedur standar, turun ke ketinggian yang lebih rendah.

Dalam waktu dua atau tiga menit, pesawat turun sekitar 4.500 meter. Kemudian tingkat penurunan menurun. VH-EBK turun lebih jauh 4.500 meter menjadi sekitar 3000 meter selama jangka waktu 15 menit.