Luhut: Tes GeNose di Seluruh Moda Transportasi Mulai 1 April 2021

  • Oleh : Redaksi

Selasa, 23/Feb/2021 22:53 WIB
Suasana tes GeNose di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur. Foto: BeritaTrans.com dan Aksi.id. Suasana tes GeNose di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur. Foto: BeritaTrans.com dan Aksi.id.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Alat deteksi virus Covid-19 GeNose akan diterapkan pada seluruh moda transportasi pesawat pada 1 April 2021.

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Baca Juga:
GeNose Tak Berlaku, Penumpang yang Tiba di Bandara Ngurah Rai Bali Turun 40 Persen

"Saya menyetujui seluruh simpul transportasi menggunakan GeNose sebagai salah satu alternatif deteksi Covid-19. Tetapi kualitas alat ini terus harus ditingkatkan," katanya dalam keterangan resmi, Selasa (23/2/2021).

Luhut mengatakan rencananya penerapan GeNose pada seluruh moda transportasi pada 1 April mendatang. Saat ini penggunaan GeNose sebagai syarat perjalanan sudah dilakukan untuk angkutan kereta api jarak jauh hingga bus.

Baca Juga:
Naik Pesawat ke Bali Tidak Boleh Gunakan Dokumen Tes Genose & Antigen

GeNose sudah diterapkan di 8 stasiun KA yaitu, Stasiun Senen dan Gambir di Jakarta, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Solo Balapan, Yogyakarta Tugu dan Surabaya Pasar Turi.

Rencananya akan akan terus ditambah hingga ke 44 stasiun ka yang ada di Jawa dan Sumatera.

Baca Juga:
GeNose Sudah Ada di 45 Bandara Lho. Yuk Cek Detilnya di Sini

Penggunaan GeNose dianggap sukses karena minat masyarakat yang banyak memilih menggunakan alat ini dibanding rapid antigen, dan PCR untuk syarat perjalanan.

Saat ini Kementerian Perhubungan juga tengah menyiapkan penerapan alat pendeteksi Covid-19 GeNose pada transportasi laut dan udara. Dia meminta Direktur Jenderal Laut dan Udara untuk mempersiapkan mekanisme dan standar operasi yang sesuai dengan regulasi di dua sektor itu.

"Ini pemangku kepentingan di sektor perhubungan laut dan udara juga menginginkan penggunaan GeNose. Untuk itu kami melaporkan kepada Pak Menko tentang rencana itu, tentunya akan kami lakukan dengan hati-hati," jelasnya.

Direncanakan penggunaan alat deteksi GeNose juga akan diterapkan di pelabuhan Tanjung Priok pada akhir minggu ini yang bersifat random sampling atau tes acak.

Sementara, untuk di sektor udara akan mulai diterapkan pada 1 April 2021 mendatang karena ada beberapa pembahasan teknis.

Tags :