Pengemudi KYM Trans Jakarta-Surabaya: Penumpang Sepi Tapi Pendapatan Masih Cukup buat Keluarga

  • Oleh : Bondan

Kamis, 04/Mar/2021 12:21 WIB
Agus, pengemudi bus KYM Trans asal Solo, Jawa Tengah. Foto: BeritaTrans.com Agus, pengemudi bus KYM Trans asal Solo, Jawa Tengah. Foto: BeritaTrans.com

BEKASI (BeritaTrans.com) - Pada masa sekarang ini, penampilan sebagai pengemudi bus tidak seperti dahulu yang hanya menggunakan pakaian biasa.

Namun, kini semua pengemudi bus AKAP menggunakan seragam dan terlihat gagah layaknya seorang pilot.

Baca Juga:
Imbas Larangan Mudik, Agen Penjualan Tiket Bus di Bulak Kapal Bekasi Merana

Bus KYM Trans trayek Surabaya-Jakarta. Foto: BeritaTrans.com

Agus, pria asal Solo, Jawa Tengah, yang sudah belasan tahun menjadi pengemudi bus di perusahaan otobus (PO) KYM Trans, ini  mengungkapkan dengan mengenakan seragam dirinya merasa gagah saat mengendarai kendaraan tunggangannya.

Baca Juga:
Mudik Dilarang, Sopir Bus AKAP: Mudik 2 Tahun Berturut-turut Keluarga Rayakan Lebaran Dalam Kesusahan

“Kalau masalah berseragam sebenarnya buat saya sudah dari zaman masih bawa bus pariwisata. Cuma seragam khas dari perusahaan. Kalau sekarang kita kru pakai putih-putih semua semenjak di AKAP, jadi kelihatan gagah dan keren aja kalau seragam yang sekarang,” ungkap Agus kepada BeritaTrans.com di Bulak Kapal, Bekasi, Rabu (3/3/2021).

Dia juga menceritakan selama menggunakan seragam saat bertugas banyak penumpang yang memuji akan kerapihan dari awak bus.

Baca Juga:
Sampah Terbang dari dalam Bus ke Jalan Tol Bikin Geram

“Sekarang, penumpang melihat kita, kru bus udah nggak kaya dulu, yang mungkin dengan pakaian seadanya untuk yang bawa bus AKAP. Tapi sekarang banyak penumpang yang bilang ke kita, pakai seragam lebih rapi, berwibawa,” ceritanya.

Sementara itu, terlepas dari penggunaan seragam saat bertugas, ayah satu anak, yang tinggal di Surabaya, ini menjelaskan secara singkat kondisi penumpang tahun sekarang dengan tahun sebelumnya hampir sama yakni masih belum ramai.

“Alhamdulillah sepi (sambil tertawa) untuk bus yang saya bawa trayek Surabaya-Jakarta. Yang penting alhamdulillah (pendapatan) masih cukup buat keluarga sehari-hari,” tutup Agus yang bersiap melanjutkan perjalanan.

Tarif Bus KYM Trans

Untuk tarif KYM Trans trayek Surabaya-Jakarta kelas eksekutif dibanderol dengan harga Rp265 ribu.