Kacau, Pesawat Air France Mendarat Darurat Gegara Penumpang Gedor Pintu Kokpit

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 11/Mar/2021 11:38 WIB
Pesawat Air France. (Ilustrasi) Pesawat Air France. (Ilustrasi)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Ada-ada saja kelakuan penumpang pesawat maskapai Prancis ini. Dia menggedor pintu kokpit untuk memaksa pesawat mendarat darurat. 

Dikutip dari Fox News oleh detikTravel, Selasa (9/3/2021), seorang penumpang yang terbang dengan maskapai Air France dari Paris ke New Delhi membuat kegaduhan. Baru saja pesawat lepas landas, dia sudah bertingkah agresif dan bertengkar dengan penumpang lain. 

Baca Juga:
Pesawat Boeing 787 LATAM Airlines Terjun Bebas, Penumpang Terlempar dari Kursi hingga 50 Terluka

Pria itu juga diduga menyerang seorang pramugari dan mulai menggedor pintu kokpit. 

Akibat ulahnya, penerbangan mendarat darurat di Bandara Sofia di Bulgaria, sekitar pukul 5 sore waktu setempat. Penumpang yang mengganggu tersebut akhirnya dikeluarkan dari penerbangan. Nantinya, jika terbukti bersalah, dia menghadapi hukuman selama 10 tahun penjara. 

Baca Juga:
Hilangnya Pesawat Smart Aviation, Diduga Jatuh di Area Pegunungan

Kini, pihak berwenang masih menyelidiki insiden tersebut. Belum diketahui secara jelas apa pula motif dari perilaku penumpang pesawat itu. 

Ini merupakan insiden terbaru dari sebuah pesawat yang terpaksa mendarat darurat akibat seseorang yang berperilaku tak baik selama penerbangan. Sebelumnya, penerbangan berangkat dari ibu kota Sudan, Khartoum terpaksa kembali ke bandara gara-gara seekor kucing. 

Baca Juga:
Bandara AP II Buka Rute Baru pada 2024, Ini Maskapai dan Jalur Penerbangannya!

Penerbangan tersebut dioperasikan oleh Tarco Aviation dari Sudan menuju Doha, ibu kota Qatar. Menurut Al Sudani, pesawat yang sudah mengudara sekitar 90 menit tersebut terpaksa kembali ke Bandara Internasional Khartoum, Sudan. 

Kucing tersebut diyakini menyusup ke pesawat pada malam sebelum penerbangan. Saat itu, pesawat tengah berada di hanggar untuk dibersihkan. 

Meski begitu aneh, tapi ternyata peristiwa pembajakan oleh kucing juga pernah terjadi sebelumnya. Pada tahun 2004, sebuah pesawat Belgia terpaksa mendarat darurat setelah adanya serangan dari kucing penumpang yang kabur dari kandang.(fh/sumber:detik.com)