Transcoal Pacific Berencana Beli 6 Kapal Baru

  • Oleh : Bondan

Sabtu, 27/Mar/2021 22:32 WIB
Ilustrasi. Foto: Istimewa Ilustrasi. Foto: Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pihak PT Transcoal Pacific Tbk (TCPI) berencana untuk menambah sejumlah armada anyar. Richard Talumewo, Direktur Utama PT Transcoal Pacific mengatakan TCPI bakal membeli 4 sampai 6 armada. 

“Dua armada akan datang pada bulan ini, dua lagi mungkin sekitar Mei atau Juni mendatang,” ujarnya ketika dihubungi wartawan, Rabu (24/3/2021).

Baca Juga:
Kapal Induk Baru India Bisa Bawa 30 Jet Tempur, Cina Ketar-Ketir

Sementara itu, pembelian dua armada lainnya baru akan direalisasikan pada tahun depan. Ia bilang saat ini utilisasi armada Transcoal Pacific sudah penuh. Dengan penambahan sekitar 6 armada baru, maka total armada milik TCPI tercatat 53 unit. 

Sebagai informasi, emiten pelayaran ini juga menyewa sekitar 30 set hingga 40 set kapal. Dengan pembelian armada baru, sambung Richard, nantinya perusahaan ini berharap dapat meningkatkan kinerja keuangan karena dapat mengurangi biaya sewa kapal.

Baca Juga:
Berusia 40 Tahun, 9 Kapal Pengangkut Tank TNI AL Dihapus

Guna membeli armada baru ini, TCPI sudah mengantongi fasilitas kredit dari salah satu bank pemerintah sebesar Rp 113 miliar. 

Jangka waktu fasilitas kredit ini maksimal 60 bulan terhitung sejak pencairan kredit. Fasilitas kredit ini dikarenakan bunga, provisi, denda keterlambatan dan biaya administrasi sesuai dengan ketentuan bank. 

Baca Juga:
Kemenhub Luncurkan KM Sabuk Nusantara 76 Terbaru untuk Rute Gorontalo-Ternate

TCPI berharap dengan kucuran pinjaman ini akan berdampak positif terhadap kegiatan operasionalnya.  Pasalnya pinjaman ini akan digunakan untuk menambah armada untuk kegiatan utama emiten. (Kontan.co.id)