Kepala Otoritas Terusan Suez Tepis Angin Kencang Sebabkan Kapal Ever Given Kandas dan Blokir Alur Pelayaran

  • Oleh : Redaksi

Minggu, 28/Mar/2021 17:42 WIB
Foto satelit dari Maxar Technologies memperlihatkan kapal kargo MV Ever Given masih terjebak diagonal di Terusan Suez, dekat Suez, Mesir, pada Jumat (26/3/2021). Akibat Terusan Suez macet, lebih dari 200 kapal antre masuk dan beberapa di antaranya mulai berputar mengubah rute. Foto satelit dari Maxar Technologies memperlihatkan kapal kargo MV Ever Given masih terjebak diagonal di Terusan Suez, dekat Suez, Mesir, pada Jumat (26/3/2021). Akibat Terusan Suez macet, lebih dari 200 kapal antre masuk dan beberapa di antaranya mulai berputar mengubah rute.

KAIRO (BeritaTrans.com) - Fakta baru muncul dalam insiden terjepitnya kapal Ever Given, yang membuat Terusan Suez macet sejak Selasa (23/3/2021).

Kepala Otoritas Terusan Suez Mesir Osama Rabie pada Sabtu (27/3/2021) menerangkan, angin kencang bukan penyebab utama kapal Ever Given atau kapal Evergreen sesuai nama operatornya, keluar jalur dan menabrak sisi kanal.

Baca Juga:
Kapal Kontainer Mumbai Maersk Dibebaskan dari Kandas

Sebelumnya kapten kapal berkata, badai pasir dan angin kencang dari Gurun Sinai menghalangi pandangannya, sehingga kapal menabrak daratan.

"Angin kencang dan faktor cuaca bukan alasan utama tersangkutnya kapal, mungkin ada kesalahan teknis atau manusia," terang Rabie di konferensi pers yang dikutip AFP.

Baca Juga:
Kapal Sering Tersangkut di Terusan Suez, ini Penyebab Utamanya

"Semua faktor-faktor itu akan terlihat dalam pemeriksaan," tambahnya.

Akibat Terusan Suez macet, muatan kargo senilai 9,6 miliar dollar AS (Rp 138,5 triliun) yang biasa melintasi Asia dan Eropa setiap harinya, kini tertahan.

Baca Juga:
Kapal Coral Crystal Bermuatan 43.000 Ton Sempat Blokir Terusan Suez

Rabie memperkirakan, Mesir kehilangan pendapatan sekitar 12-14 juta dollar AS (Rp 173-202 miliar) setiap hari.

Tags :