Semua Akses Tol Cengkareng-Kunciran Sudah Resmi Beroperasi, Bisa ke Soetta

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 11/Apr/2021 17:47 WIB
Jalan Tol Cengkareng - Batu Ceper - Kunciran siap operasi (dok: PUPR) Jalan Tol Cengkareng - Batu Ceper - Kunciran siap operasi (dok: PUPR)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pengelola jalan tol, PT Jasa Marga Persero Tbk (JSMR), mengumumkan seluruh akses masuk dan keluar jalan tol Cengkareng - Batuceper - Kunciran telah beroperasi secara penuh sejak kemarin, Sabtu (10/4/2021). 

Seperti diketahui, jalan tol ini sebelumnya telah diresmikan oleh Presiden Jokowi pada 1 April 2021 lalu. Jalan tol ini dikelola oleh perusahaan anak usaha Jasa Marga, yakni PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC). 

Baca Juga:
Dukung Pengoperasian Whoosh, DAMRI Uji Coba Rute Stasiun Kereta Cepat Halim-Bandara Soekarno Hatta

Pada awal pengoperasiannya, JKC sebelumnya hanya mengoperasikan Gerbang Tol (GT) Kunciran 6, GT Kunciran 7, GT Kunciran 8 dan Gerbang Tol Benda Utama untuk melayani pengguna jalan menerus dengan tujuan Bandara Soekarno-Hatta. Namun sekarang, jalan tol sepanjang 14,19 km ini telah mengoperasikan seluruh akses dengan total 8 Gerbang Tol (GT), yaitu GT Tanah Tinggi 1 dan 2, GT Buaran Indah 1 dan 2, serta GT Pinang 1, 2, 3 dan 4. 

Direktur PT JKC Agung Widodo menjelaskan, dengan dioperasikannya seluruh akses jalan tol ini, pengguna jalan asal Pamulang, Serpong dan sekitarnya bisa melakukan perjalanan menerus menuju Bandara Soekarno-Hatta, demikian pula sebaliknya, atau pun hanya menggunakannya dari dan menuju daerah Tanah Tinggi, Buaran Indah dan Pinang. 

Baca Juga:
Persiapan Piala Dunia U-17, Akses Jalan Tol Menuju JIS Akan Dibuka

"Saat ini semua akses pada Jalan Tol Cengkareng - Batuceper - Kunciran sudah dioperasikan semua, sehingga sudah dapat digunakan untuk perjalanan menerus ke Bandara Soekarno-Hatta ataupun untuk akses dari dan menuju daerah sekitar Tanah Tinggi, Buaran dan Pinang," kata Agung, seperti dikutip dari keterangan resmi perusahaan yang diperoleh CNBC Indonesia, Ahad (11/4/2021). 

Agung melanjutkan, jalan ini juga telah terhubung hingga Pamulang melalui Jalan Tol Kunciran - Serpong dan Jalan Tol Serpong - Cinere Ruas Serpong - Pamulang. 

Baca Juga:
Transjakarta Bandara Soekarno-Hatta akan Uji Coba Juli Khusus Karyawan

Diharapkan, kata dia, dengan telah beroperasinya Ruas Jalan Tol Cengkareng - Batuceper - Kunciran, yang merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol JORR II, dapat memperlancar arus distribusi barang dan jasa serta akan meningkatkan roda perekonomian di wilayah Jakarta pada umumnya dan kota Tangerang pada khususnya.(fh/sumber:CNBCIndonesia)