Persiapan Piala Dunia U-17, Akses Jalan Tol Menuju JIS Akan Dibuka

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 09/Agu/2023 06:36 WIB
Foto:Ilustrasi Foto:Ilustrasi

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pemprov DKI akan membuka akses tol menuju International Stadium (JIS) pada saat persiapan dan pertandingan Piala Dunia U-17 2023. Salah satunya adalah membuka akses pintu masuk dan keluar jalan tol Pluit untuk menuju JIS.

"Ini lagi disiapin, kan ada dua-dua ya. Sisi barat dan sisi timur agak selatan. Itu pintu masuk tol dan keluarnya juga," kata Kepala Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan DKI Jakarta Heru Hermawanto di Balai Kota, Selasa (8/8/2023).

Baca Juga:
Tol Semarang-Demak Ditutup, Jalan Akan Buka Kembali Jelang Libur Nataru

Heru menjelaskan, penambahan akses jalan ini direncanakan hanya sementara sebagai tambahan akses ketika berjalannya Piala Dunia U-17.

Selain akses tol, pihaknya sudah mengajukan izin kepada PT KAI untuk membangun perlintasan sebidang di sisi utara stadion. Pembangunan perlintasan sebidang rel kereta ini juga direncanakan hanya sementara sebagai salah satu jalan akses dari dan menuju JIS.

"Iya ini sementara. Karena JIS kan membutuhkan pembangunan jangka panjang. Kalau jangka panjangnya itu perlintasan tidak sebidang. Tapi karena kita butuh cepat ya sebidang dulu," tutur Heru.

Alasan dibalik akses ini hanya bersifat sementara adalah karena Pemprov DKI harus mengebut penambahan sarana dan prasarana untuk menyempurnakan JIS sebagai stadion Piala Dunia U-17. Jika harus membangun secara permanen, ia khawatir tidak terkejar karena membutuhkan pembebasan lahan.

"Karena di sekitar situ juga masih banyak permukiman. Kalau membebaskan lahan akan lama," tambah dia.

Sementara itu, ia belum dapat memastikan dana yang dibutuhkan untuk membangun akses jalan tersebut. "Belum tahu. Belum tahu juga ini akan ditanggung pusat atau Pemprov DKI," ujarnya. (Fhm)