Tak Gentar meski Terpuruk, Rossi Buktikan Jiwa Kompetitif di MotoGP Spanyol

  • Oleh : Redaksi

Minggu, 02/Mei/2021 11:03 WIB
Valentino Rossi saat sesi tes Qatar jelang MotoGP 2021. Foto: Kompas.com. Valentino Rossi saat sesi tes Qatar jelang MotoGP 2021. Foto: Kompas.com.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pebalap veteran asal Italia, Valentino Rossi, tak gentar meski terpuruk pada kualifikasi MotoGP Spanyol 2021.

Pada MotoGP Spanyol yang berlangsung di Sirkuit Jerez, Sabtu (1/5/2021) malam WIB itu, Valentino Rossi hanya mampu menduduki peringkat ke-17.

Baca Juga:
Ikut Kagum, Ayah Valentino Rossi: Pedro Acosta Perpaduan The Doctor dan Marc Marquez!

Alhasil, Valentino Rossi akan memulai balapan MotoGP Spanyol dari barisan keenam.

Dia berada satu baris dengan Miguel Oliveira (Red Bull KTM) dan sang adik, Luca Marini (SKY VR46).

Baca Juga:
Hasil FP2 MotoGP Perancis - Tikungan 3 Makan Korban, Rossi 10 Besar

Bagi Rossi, memulai balapan dari urutan ke-17 bukanlah hal mudah. Dia perlu berjuang keras untuk menembus 10 besar, apalagi merebut podium.

Terlebih, di depan Rossi terdapat sejumlah nama yang layak diperhitungkan.

Baca Juga:
Alasan Valentino Rossi Pakai Nomor 46 untuk Motornya

Peraih enam kali juara dunia MotoGP, Marc Marquez, berada di peringkat ke-14. Setelah itu, masih ada Maverick Vinales, Alex Rins, hingga juara musim lalu, Joan Mir, yang menempati 10 besar.

Balapan MotoGP Spanyol pun akan dipimpin oleh pebalap muda dengan pace mengesankan, Fabio Quartararo.

Di belakang Fabio Quartararo juga ada nama-nama potensial seperti Francesco Bagnaia, Johann Zarco, Jack Miller, hingga rekan setim Rossi di Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli.

Selama empat sesi latihan bebas dan kualifikasi, nama-nama tersebut bersaing ketat demi posisi teratas.

Sementara itu, Valentino Rossi seolah tak bisa lepas dari belenggu. Dia selalu tertahan di luar 10 besar.

Namun, keterpurukan yang Rossi alami pada rangkaian MotoGP Spanyol 2021, tak membuat pebalap berusia 42 tahun itu merasa gentar.

Di satu sisi, Rossi tak bisa menyembunyikan kekecewaannya. Namun, di sisi lain, dia optimistis bisa meraih hasil yang lebih baik.

"Ini jelas bukan hasil yang saya inginkan, saya pikir saya bisa lebih kompetitif dari itu dan saya ingin tetap unggul," kata Rossi, dikutip dari tuttomotoriweb.

"Semua pebalap sangat dekat, mereka ada di level yang bagus, dan untuk masuk 10 besar Anda harus berada 10 peringkat di belakang pole position," ujar Rossi.

"Jadi, selalu sulit dan tidak banyak solusinya. Namun, masih ada sesuatu untuk dicoba. Itu akan sulit, tetapi saya akan mencoba," imbuh pebalap berjuluk The Doctor tersebut.

"Banyak hal akan bergantung pada beberapa lintasan, musim ini sangat panjang dan saya akan melakukan segalanya untuk menjadi kompetitif," tutur Rossi menegaskan.

Pernyataan Rossi sekaligus membuktikan bahwa dirinya masih memiliki jiwa kompetitif di tengah persaingan yang kian sengit. (dn/sumber: Kompas.com).