Tol Layang Jakarta-Cikampek Dibuka, Penyekatan Mudik Berakhir

  • Oleh : Dirham

Jum'at, 14/Mei/2021 20:07 WIB
Tol Layang Jakarta-Cikampek. Tol Layang Jakarta-Cikampek.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek atau jalan Mohammed Bin Zayed (MBZ) kembali dibuka mulai Jumat (14/5) malam ini pada pukul 20.00 WIB.

Sebelumnya, jalan layang tol itu ditutup sejak 6 Mei lalu terkait kebijakan pemerintah pusat yang melarang kegiatan mudik lebaran 2021 untuk mencegah perluasan penularan Covid-19.

"Nanti malam jam 8 [malam] dibuka," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo saat dihubungi, Jumat (14/5).

Sambodo menuturkan operasi penyekatan bagi para pemudik yang akan keluar dari wilayah Jakarta juga akan berakhir pada malam ini.

Selanjutnya, kata Sambodo, pihaknya bakal mempersiapkan operasi pemeriksaan pemudik yang akan kembali dalam arus balik ke Jakarta.

"Operasi mudik berakhir, pindah ke sebelah menyekat masuk mulai hari Minggu nanti," ucap Sambodo.

Saat ini, lanjut Sambodo, pihaknya sedang melakukan pemetaan terkait penempatan pos pemeriksaan saat arus balik nanti.

Diketahui, pemerintah sebelumnya melarang pelaksanaan mudik Lebaran 2021 dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19. Kebijakan ini berlaku pada 6-17 Mei.

Sebagai tindak lanjut, dalam Operasi Ketupat yang digelar oleh Polri, dilakukan penyekatan terhadap kendaraan yang kedapatan akan melakukan perjalanan mudik.

Untuk wilayah Polda Metro Jaya sendiri, setidaknya ada 31 titik penyekatan yang disiapkan untuk menghalau para pemudik yang akan keluar dari wilayah Jakarta. (ds/sumber CNNIndonesia.com)