Kisah Wanita Muda yang Jadi Bos PO Bus, Potretnya Nyetir Mobil Besar Jadi Viral

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 26/Agu/2021 22:46 WIB
Foto: Potongan gambar YouTube Widia Antarista Foto: Potongan gambar YouTube Widia Antarista

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Seorang wanita bernama Widia Antarista jadi viral karena bisnisnya yang tidak biasa. Ia adalah pemilik PO atau perusahaan otobus yang dinamakan Bintang Khatulistiwa yang beroperasi di Sulawesi. 

Tidak hanya jadi pemilik usaha, dikutip BeritaTrans.com dari Wolipop, Widia juga lihai membawakan bus-bus besar. 

Baca Juga:
Ini Perbedaan Tugas Sopir 1 dan Sopir 2 di Bus AKAP

Gadis cantik ini pun bercerita jika ia jatuh cinta dengan dunianya sekarang meski awal terjun ke bisnis tersebut karena saran dari orangtua. 

Potret Widia Antarista sedang membawa bus telah lama menarik perhatian netizen. Beberapa waktu lalu, wanita itu pun menjawab rasa penasaran mereka mengenai kemampuannya menyetir hingga pilihan bisnis yang tidak biasa bagi wanita. 

Baca Juga:
BNN Lakukan Tes Urine Mendadak Bagi 28 Sopir di Terminal Tipe A Banda Aceh

Dia mengaku mulai belajar menyetir kendaraan besar sejak buka usaha. Meski diakui jika belakangan penumpang sepi karena pandemi, ia tetap menekuni dengan 'passion'. 


Widia Antarista Foto: Instagram @widiaantarista 

Baca Juga:
Viral Sopir Bus Berparas Cantik Nolongin Antar Ibu Hamil yang Hampir Melahirkan ke RS, Sosoknya bak Artis

"Aku belajar otodidak, belajar dari keadaan, mempelajari situasi dan setiap kesalahan. Awalnya ada empat bis lalu bertambah dua setiap tahun," ujarnya dalam sebuah video tanya jawab di akun YouTube awal tahun ini. 

Dalam sebuah wawancara di Instagram, Widia pernah bercerita jika ia sempat kuliah tapi memilih berhenti karena tidak terlalu suka belajar. Wanita itu kemudian mencoba ikut bekerja dengan ayahnya di pertambangan. Dari situ, wanita berhijab ini mulai belajar melakukan pekerjaan berat yang biasa dilakukan laki-laki. 


Widia Antarista Foto: Instagram @widiaantarista 

Pada 2016, ia pun bertekad untuk berbisnis sendiri. Sempat terpikir membuka warung tapi kemudian ia diusulkan ayahnya untuk memulai usaha PO bus. Dengan modal yang dipinjamkan orangtua, akhirnya Widia menjadi owner dari PO Bintang Khatulistiwa. 

"Berawal dari abahku, dia menawarkan mau buka usaha apa, awal mau trailer atau truk yang bawa tanah, akhirnya jatuh ke bis, dulu almarhum kakekku juga pernah usaha bis di Sulawesi juga. Aku cuma disaranin, yang penting bisa menghasilkan uang aku jalani aja," katanya di YouTube. 


Widia Antarista Foto: Instagram @widiaantarista 

Belakangan usaha PO bus memang sedang sepi karena tidak banyak orang bepergian selama pandemi. Namun Widia mendapatkan penghasilan tambahan dari YouTube yang menunjukkan berbagai aktivitas di jalan, terminal, atau bersama sesama pemilik PO bus. 

Diakui wanita itu jika penghasilan dari video-videonya yang sering viral cukup untuk makan hingga isi solar bus. 

Lebih lanjut Widia berbagi mengenai rencana ke depannya. Meski usaha ini penuh tantangan, ia punya cita-cita untuk membuka PO bus di Pulau Jawa. Selain itu, Widia juga berkeinginan membuka semakin banyak lapangan kerja. 

"Semoga aku bisa membuka lapangan pekerjaan yang lebih banyak, kalau armadanya banyak kan otomatis unitnya juga banyak. Pelayanan yang sekarang ini mau lebih ditingkatkan lagi dan bagaimana Bintang Khatulistiwa bisa memberikan kebaikan kepada banyak orang," ujarnya.(fh/sumber:wolipop)